Kaba Terkini

Cuaca Ekstrem, Waspadai Ancaman Bencana, Ketua DPRD Agam Ingatkan Warga

Lubukbasung, kaba12.com — Cuaca ekstrem masih melanda mayoritas wilayah kabupaten Agam sepanjang bulan Januari ini. Dampak perubahan cuaca mendadak, kerap memicu musibah di daerah ini.

Bahkan beberapa waktu belakangan, dampak perubahan cuaca mendadak, dari cerah tiba-tiba berubah hujan lebat, memicu banjir bahkan longsor di beberapa titik yang kerap tidak terdeteksi dengan baik oleh masyarakat, sehingga berdampak terhadap sarana-prasana yang banyak dimanfaatkan masyarakat.

Terkait dengan kerap terjadinya perubahan cuaca mendadak itu, ketua DPRD Agam Dr.Novi Irwan, mengingatkan masyarakat kabupaten Agam untuk meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya, wilayah kabupaten Agam yang mayoritas dikenal sebagai kawasan rawan bencana, kerap terpicu oleh perubahan cuaca mendadak, sehingga berpotensi memicu musibah terhadap masyarakat, terutama dampak banjir dan tanah longsor di berbagai lokasi.

Untuk mengantisipasi dampak yang berpotensi dialami masyarakat itu, Novi Irwan menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan menyiasati ancaman yang setiap saat mengintai dengan lebih waspada.

“ Jika terjadi perubahan mendadak, kami himbau masyarakat untuk segera mencari tempat aman, pastikan kondisi cuaca normal dalam menjalankan aktivitas, apalagi berkendara, “ungkap Novi Irwan.

Disisi lain, Ketua DPRD Agam itu berharap, unsur terkait di jajaran Pemkab.Agam untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, dengan bergerak dan bereaksi cepat dalam dalam mengatasi dampak bencana, terutama dalam mengantisipasi dampak terhadap masyarakat.

“ Koordinasi dan sinergi harus lebih dimaksimalkan, sehingga upaya mengantisipasi dampak bencana terhadap masyarakat bisa ditekan maksimal, “ungkapnya.

HARMEN

To Top