Kaba Terkini

Cabe Turun Drastis, Petani Rugi

Lubuk Basung, KABA12.com — Melimpahnya hasil panen petani akhir-akhir ini di beberapa daerah di Kabupaten Agam membuat harga jual cabe menurun drastis di pasaran.

Seperti diungkap Risman (45) salah seorang pedagang  di Pasar Terminal Antokan, Lubuk Basung, Agam. Penurunan harga si merah pedas dalam minggu ini, lantaran melimpahnya hasil panen cabe para petani di beberapa daerah.

“Minggu lalu kami menjual  cabe dengan harga Rp 20 ribu /kg, sekarang dijual dengan harga Rp 10 ribu /kg nya, “ujar Risman pada KABA12.com.

Dikatakan, penurunan  harga tersebut jauh dari perkiraan sebelumnya, karena biasanya setiap memasuki bulan Ramadhan harga cabe mengalami kenaikan dan akan terus merambat naik hingga Idul Adha.

Penurunan harga tersebut membuat para  petani rugi besar, salah satunya Abel (35) petani cabe merah di Jorong Batu Baselo, Nagari Matur Hilia, Kecamatan Matur.

Ia mengaku, rendahnya harga beli toke membuat nya gulung tikar, “modal yang dikeluarkan selama berkebun berbanding terbalik dengan harga jual hasil panen,” ucapnya

Jika penurunan harga masih terjadi hingga bulan depan, dapat dipastikan petani tidak bisa berkebun untuk musim berikutnya. Ia berharap harga cabe bisa stabil kembali.

(Johan)

To Top