Kaba Terkini

Bisa Berinteraksi dengan Satwa, TMSBK Jadi Favorit

Bukittinggi KABA12.com — Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) Bukittinggi msih menjadi favorit bagi pengunjung kota wisata. Hal tersebut dibuktikan dengan padatnya pengunjung yang memenuhi kebun bintanag itu sejak awal libur lebaran Idul Fitri 1438 H.

Selain terdapat penambahan koleksi hewan, para pengunjung pun “dihipnotis” dengan layanan yang mumpuni. Salah satunya mencoba sensasi memberikan makanan pada satwa buas yang ada.

Hal ini juga dipraktekkan langsung oleh Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias bersama Wakil Walikota  Irwandi dan Sekda, Yuen Karnova serta sejumlah Kepala OPD yang melakukan kunjungan ke TMSBK, Selasa (27/06) kemarin.

Selain memantau beberapa loket pelayanan dan ketersediaan karcis serta mengitari beberapa kandang satwa, Walikota juga berinteraksi dengan satwa singa dan memberikan makanan daging yang dipasangkan melalui katrol.

“Libur lebaran saat ini cukup panjang kita optimis jumlah kunjungan minggu ini diperkirakan akan terus meningkat, dengan melibatkan pengunjung untuk pemberian makanan yang telah disediakan kepada satwa akan menambah daya tarik dan atraksi yang menarik tentunya bagi pengunjung,” ungkap Walikota.

Kepala Bidang TMSBK Ikbal menjelaskan, tingkat kunjungan tahun ini memang meningkat. TMSBK juga  melakukan beberapa inovasi untuk menambah daya tarik seperti lokasi selfi dan membantu mereka berinteraksi dengan satwa.

“Kita juga membuka empat loket masuk. Dua di Benteng Fort de Kock dan dua di TMSBK. Untuk kenyamanan pun, juga tidak dibenarkan parkir di halaman TMSBK. Pengunjung juga tidak dibenarkan memberikan makanan kepada satwa, selain makanan yang tekah disiapkan petugas,” ungkapnya.

Sementara itu, Zulhadi, salah seorang pengunjung mengungkapkan kepuasannya terhadap kemajuan TMSBK. Selain banyak layanan jadi daya tarik, namun juga ada sejumlah masukan yang patut dilerhatikan pihak TMSBK.

“Sebagai objek wisata keluarga kami sangat senang berwisata di kebun binatang ini, telah banyak perubahan dari tahun – tahun sebelumnya dengan berkesempatan memberikan makanan kepada hewan manimbulkan sensasi tersendiri bagi pengunjung, namun disarankan kepada pengelola agar adanya halte yang memadai untuk tempat berteduh dikala gerimis seperti saat ini,” harapnya.

Sehubungan dengan keluhan pengunjung tersebut ketika dikonfirmasi kepada Kabid TMSBK, Ikbal mengatakan akan merencanakan pembuatan rest area dan pemberian atap pada koridor tertentu nantinya untuk kenyamanan pengunjung dikala hujan.

(Ophik)

To Top