Kaba Terkini

Bantuan Pangan Non- DTKS & Sembako “Data-Verifikasi-Langsung Drop “

Lubukbasung, kaba12.com — Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 (GTP2 Covid19) Kabupaten Agam M.Dt.Maruhun tegaskan, masyarakat kabupaten Agam yang belum terdata dalam program siaga pangan saat ini, atau tidak masuk dalam data DTKS dan penerima bantuan sembako, segera mendaftar dan menyerahkan dokumen kependudukan ke wali jorong atau walinagari.

Seluruh data yang terhimpun di pemerintah nagari, setelah diverifikasi, diharapkan segera diserahkan ke kantor Dinas Sosial Kabupaten Agam dan bantuan akan langsung diberikan, melalui pemerintah nagari.

“ Diluar data penerima saat ini, pemerintah sudah mencadangkan untuk masyarakat terdampak langsung dalam masa tanggap darurat percepatan penanganan penyebaran covid19 kabupaten Agam. Kita siapkan tahapan, data-berifikasi dan bantuan diantar langsung, “ tegas M.Dt.Maruhun didampingi Kabag.Protokoler-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam Khasman Zaini.

Dijelaskan M.Dt.Maruhun yang juga Sekab.Agam itu, tindakan cepat yang diinstruksikan bupati Agam untuk menyalurkan bantuan dalam langkah percepatan penanganan penyebaran covid19, tim GTP2 Covid19 Agam menetapkan data bantuan penerima bantuan mempedomani/
mengacu pada DTKS Agam tahun 2019.

DTKS tersebut,ulasnya memang belum diperbaharui, sebab jadwal pendataan akan dilaksanakan pada bulan Juni 2020. Sehingga disadari akan ditemukan masyarakat miskin yang belum masuk / terdaftar dalam DTKS.

Ditambahkan, bagi warga yang tidak termasuk dalam DTKS, tetap bisa mendapatkan bantuan dengan mekanisme, masyarakat melaporkan dan mendaftar ke nagari setempat, walinagari akan melakukan verifikasi dengan kriteria kehilangan penghasilan/ menerima upah harian/ mempunyai pekerjaan harian satu jenis.

Selain itu, penerima bantuan, merupakan satu-satunya sumber penghasilan dalam keluarga bukan PNS/TNI /Polri/Karyawan BUMD/BUMN, bukan penerima program sembako, “ selanjutnya Walinagari akan mengajukan data warganya yang memenuhi kriteria ke Dinas Sosial dan seterusnya Dinas Sosial akan menyalurkan beras bantuan,” jelas M.Dt.Maruhun.

Ditambahkan, terkait mekanisme itu, pihaknya sudah menjelaskan pada walijorong, walinagari melalui camat bahkan jika ada masyarakat yang bertanya langsung pada dinas sosial, “ hal itu bisa kita laksanakan dan Inshallah, jika masyarakat segera mendaftarkan diri, bantuan tahap selanjutnya akan segera dikirimkan langsung ke rumah warga, “ ulasnya.

Disebutkan, jika masih ada masyarakat yang ragu, bisa datang langsung ke posko siaga covid19 nagari atau kecamatan, atau berkomunikasi langsung dengan petugas bersangkutan, “ prinsipnya jika siapkan dukungan penuh untuk masyarakat. Biar kami yang kerjakan, masyarakat di rumah saja, “ tegas Ketua GTP2 Covid19 Agam itu lagi.

HARMEN

To Top