Kaba Terkini

Banjir Bandang Kembali Hantam Tanjuang Sani, Mesjid dan Ruas Jalan Direndam Lumpur

Maninjau,kaba12.com — Banjir bandang kembali hantam Jorong Galapung, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung, Minggu,(9/6)sekitar pukul 14.30 WIB

Dampak banjir bandang yang pekan lalu merendam ruas jalan dan mesjid Istigfar Galapuang, sore ini kembali melanda kawasan tersebut.

Banjir bandang ini merupakan kasus kedua di wilayah itu, pasca hujan lebat yang melanda wilayah tersebut sejak Minggu siang. Tidak ada korban dalam musibah itu, sementara tim penanganan dari BPBD Agam sudah bergerak ke lokasi untuk melakukan pembersihan.

Informasi yang diperoleh kaba12.com dari Kabid.KL BPBD Agam Wahyu Bestari dan staf Pusdal Ops BPBD Agam, banjir bandang terjadi akibat tidak tertampungnya debet air pada bandar sehingga air meluap dan membawa material bebatuan serta lumpur.

Dijelaskan Lukman Syahputra, dampak yang ditimbulkan banjir bandang itu, memicu tumpahan material menutupi jalan dengan ketinggian 10 – 20 cm dengan jalan terdampak sepanjang sekitar 50 meter.

Material banjir juga menggenangi halaman masjid Istighfar Galapung setinggi 10 – 20 cm dan sebagian lantai masjid tertimbun lumpur.

Disebutkan Lukman, kondisi lalu lintas kendaraan dapat dilewati kendaraan namun kondisi jalan licin karena lumpur serta masih berpotensi bencana susulan, karena hujan masih mengguyur wilayah itu.

Saat ini, tengah dilakukan langkah penanganan di lapangan, untuk proses pembersihan material banjir bandang di lapangan, oleh tim gabungan yang dikoordinir BPBD Agam.

Hingga berita ini ditayangkan, curah hujan masih tinggi di lokasi bencana, sehingga proses penanganan dampak bencana masih terkendala.

HARMEN

To Top