Agam

Agam Tampil Maksimal Dalam Lomba PPGD Jambore PRB Mentawai

Mentawai, kaba12.com — Tim Jambore PRB Kabupaten Agam tampil maksimal dalam lomba teknik fasilitasi peningkatan kapasitas Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) dalam Jambore Pengurangan Risiko Bencana (PRB) tingkat Sumatera Barat yang dipusatkan di Mentawai, Rabu,(24/7).

Kegiatan yang digelar di Mapadegat Kabupaten Mentawai itu, Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Agam membuat para peserta dari daerah lain terkagum-kagum melihat keahlian para personil dari Agam tersebut.

Dalam lomba ini, peserta dari Agam, yang merupakan anggota KSB dari nagari tersebut menampilkan keahliannya dalam memfasilitasi penanggulangan pasca bencana untuk membantu masyarakat di daerah terdampak bencana.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Yunaidi.S didampingi Kasinya Carli Agus Windra mengatakan, KSB yang Ikut lomba Teknik Fasilitasi PPGD tersebut, bagaimana memberikan penyuluhan dan langsung menampilkan peragaan tentang persiapan bagi masyarakat yang terdampak bencana, terutama bila terjadi bencana di wilayah terdampak atau sasaran, maka para KSB langsung memfasilitasi seperti memberikan bantuan dan kebutuhan warga.

” Mulai dari bantuan makanan, pertolongan bagi orang sakit, stres, serta diberikan obat-obatan, dan kebutuhan dasar lainnya,” katanya.

Selanjutnya, juga menampilkan cara melaporkan adanya warga yang terdampak oleh suatu bencana, seperti jumlah yang sakit, korban jiwa, yang dievakuasi, yang mengalami stres dan lainnya.

Tim Jambore PRB Agam yang mengikuti kegiatan lomba tersebut sebanyak tiga orang, diwakili Dito dari KSB Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, Kanetti KSB Tiku Selatan, kecamatan Tanjung Mutiara, dan Aljumpati Agus KSB Nagari Balingka, kecamatan IV Koto.

(Jaswit)

To Top