Kaba Terkini

7 Cara Membakar Kalori

Life, KABA12.com — Olahraga bukan satu-satunya cara untuk membakar kalori. Pada dasarnya, tubuh akan membakar kalori selama dia tetap aktif bergerak bahkan saat bernapas pun kalori akan terpakai untuk melalui proses itu. Hanya saja, jumlah kalori yang terbakar tentu jauh lebih sedikit ketimbang ketika tubuh aktif bergerak.

Seperti yang dilansir detik.com, ada tujuh aktivitas yang ternyata bisa membakar kalori ekstra tanpa Anda sadari. Semuanya merupakan aktivitas yang menyenangkan bagi Anda para wanita, terutama nomor 6!, yakni :

  1. Karaoke

Menyanyi diketahui bermanfaat untuk membangkitkan semangat. Dilansir oleh Reader’s Digest, menyanyi mampu mengeluarkan hormon endorfin yang diketahui bisa membuat orang merasa senang. Kegiatan ini juga mampu menurunkan kadar kortisol yang keluar saat seseorang merasa stres. Kalori terbakar lewat aktivitas menyanyi karena adanya pola pernapasan tertentu yang harus dilakukan. Ditambah dengan otot yang ikut berkontraksi, menyanyi bisa membakar hingga 136 kalori ekstra per jam.

  1. Memotret Makanan

Saat ini adalah zaman di mana memotret makanan adalah hal yang lumrah. Rupanya, ada manfaat tersendiri yang bisa didapat ketika Anda memotret menu berbuka atau sahur spesial, yaitu kalori yang terbuang. Bukan karena pose-pose aneh yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan angle terbaik, tetapi karena penikmat potret makanan yang akan berhati-hati mengonsumsi makanan.

“Memotret makanan dan melihat hasilnya bisa membuat orang berhenti dan berpikir sebelum makan,” ucap ahli gizi Joan Salge Blake, seperti yang dikutip dari Reader’s Digest. Ini membuat mereka lebih sadar akan kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga menurunkan risiko seseorang menyantap makanan dengan sesuka hati.

  1. Berkebun

Berkebun memiliki potensi untuk memangkas hingga 250 kalori ekstra per jam. Kegiatan seperti menanam bibit pohon atau bunga, menyiram, memberi pupuk, hingga menggali sudah tentu memakan banyak energi. Selain membuat Anda jadi lebih sehat, berkebun tentu bisa membuat pekarangan rumah terlihat lebih indah dan rapi.

  1. Meditasi

Meditasi memiliki beberapa manfaat termasuk menjaga tekanan darah, menurunkan risiko stres, meningkatkan kebahagiaan, hingga meningkatkan daya ingat. Meditasi sebelum berbuka puasa bisa menurunkan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori. Lakukan minimal 12 menit meditasi secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

  1. Memasak

Mempersiapkan menu lengkap dan bernutrisi memang tidak mudah. Memasaknya pun membutuhkan proses, dari mengupas, mencincang, memotong, menumis, hingga menyiapkan peralatan makan. Kombinasi kegiatan ini yang memiliki total waktu 40 menit rupanya bisa membakar hingga 128 kalori. Ditambah lagi bonus kalori terbuang ketika Anda membereskan dapur dan meja makan setelah selesai makan.

  1. Berbelanja

Tidak harus ke mall, ke toserba atau pasar swalayan besar pun tak masalah. Berkeliling membawa tas belanja atau kereta dorong mampu membakar kalori ekstra lebih besar dibandingkan ketika Anda duduk atau berdiri. Meskipun dalam kecepatan lambat, berjalan mampu menghabiskan lebih dari 130 kalori selama 15 menit.

  1. Menonton Film Horor

Film horor mampu menstimulasi peningkatan hormon adrenalin sehingga memicu kerja pompa darah untuk membakar kalori secara maksimal. Bahkan, jumlah kalori yang terbuang bisa mencapai 113 kalori. Pilih film yang benar-benar menguji keberanian Anda agar manfaat pembakaran kalori lebih banyak.

“Pelepasan adrenalin ini cepat dan dihasilkan ketika mendapatkan tekanan tinggi, atau dalam kasus ini, saat rasa takut, yang diketahui dapat menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme atau energi yang dikeluarkan saat beristirahat,” ucap spesialis metabolisme, Richard Mackenzie

(Dany)

To Top