Kaba Terkini

Warga 2 Nagari di IV Koto Goro Bangun Taman Asri, Antisipasi Pembuangan Sampah

Balingka, kaba12.com — Masyarakat dari dua kanagarian di kecamatan IV Koto masing-masing dari Nagari Balingka dan Nagari Sungai Landia gelar gotong royong massal membersihkan onggokan sampah yang bertaburan di sepanjang ruas jalan propinsi di kawasan tersebut, Jumat,(14/1).

Pembersihan onggokan sampah yang dibuang sembarangan oleh orang tak bertanggungjawab di tepi jalan itu, dilakukan mulai dari Simpang Malalak, Nagari Balingka sampai ke jalur jalan di kawasan Sungai Landia.

Untuk mengantisipasi aksi pembuangan sampah sembarangan itu terulang, warga setempat bersepakat untuk membuat sistim pengawasan khusus dan membangun taman asri lengkap dengan bangku-bangku santai di sepanjang tepi jalan propinsi yang padat dilalui pengendara itu.

Goro massal pembersihan tumpukan sampah di sepanjang ruas jalan itu, disebutkan Camat IV Koto Ricky Eka Putra, didampingi Neti Hando, Kasi.PEM Kecamatan IV Koto, yang menyebut, goro itu sengaja dilakukan untuk memberi kesan nyaman dan bersih di ruas jalan yang padat dilalui kendaraan tersebut.

Dijelaskan, goro yang diikuti Walinagari dari 2 nagari bersama perangkatnya itu, diikuti personil Koramil IV Koto, staf kecamatan IV Koto dan masyarakat setempat, merupakan salah satu upaya untuk membangun kenyamanan dan kebersihan lingkungan, pasalnya jalur jalan yang saat ini dibersihkan dari tumpukan sampah itu, merupakan salah satu jalan sentral yang banyak dilalui kendaraan dari berbagai daerah di Sumbar.

Disebutkan Neti Hando, kegiatan goro massal itu dijadualkan akan dilanjutkan Rabu pekan depan, melibatkan unsur dari 2 nagari tersebut, termasuk dengan dukungan personil yang lebih banyak, karena pihaknya berupaya menyulap kawasan yang selama ini dikenal sebagai lokasi pembuangan sampah sembarangan itu, menjadi taman asri yang nyaman dipandang.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top