Kaba Pemko Bukittinggi

Bukittinggi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya 2021

Bukittinggi, KABA12.com — Kota Bukittinggi, kembali berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak tahun 2021, kategori madya. Penghargaan ini diterima Wali Kota secara virtual beberapa waktu lalu dan hari ini, Rabu (13/10) diterima langsung oleh Kabid P2KPA DP3APPKB Bukittinggi, di Jakarta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Tati Yasmarni, menjelaskan, kota layak anak adalah evaluasi dari 5 klaster. Dimana setiap daerah dinilai melalui pemerintahan dan masyarakat serta dunia usaha, dalam berkolaborasi memnuhi 5 klaster.

Lima klaster itu, lanjut Tati Yasmarni, hak sipil dan kebebasan, antara lain, identitas anak, mendengarkan pendapat anak dan anak mengkonsumsi informasi layak anak. Kedua klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan.

“Apakah rumah, keluarga dan pengasuhan alternatif telah menjamin hak hak anak dan ramah anak,” ujarnya, saat dihubungi KABA12.com, Rabu (13/10).

Ketiga, klaster kesehatan dan kesejahteraan. Apakah anak sudah dijamin hak kesehatan dasarnya dan dijamin hak hidupnya yang berkualitas menuju masa depan yang baik. Keempat, hak pendidikan. Dimana anak wajib mendapatkan hak pendidikan dasarnya atau “wajar” 12 tahun. Kelima, anak diberi ruang berkreatifitas memanfaatkan waktu luang.

“InsyaAllah Kota Bukittinggi, telah melakukan semua indikator. Sehingga tahun 2021 ini, Kota Bukittinggi kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak kategori Madya,” jelasnya.

Tidak berhenti disitu saja. Kedepan Pemko memerlukan peraturan daerah yang tegas memastikan pemenuhan hak anak. Selain itu, juga dibutuhkan UPTD untuk memastikan layanan bagi anak korban KDRT.

“Insya Allah, ini sedang berproses. Pada saatnya nanti, Bukittinggi akan menuju kota layak anak strata utama. Kita berusaha bersama sama,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top