Kaba Agam

Pakai Moderna, 23 Nakes di Puskesmas Pasar Ahad Sudah Divaksin Tahap 3

Duo Koto, KABA12.com — Sebanyak 23 tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Pasar Ahad, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam telah menerima suntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga menggunakan jenis Moderna dari Amerika Serikat.

Vaksinasi dosis ketiga itu diberikan kepada nakes yang telah menjalani vaksinasi tahap pertama, dan kedua.

Kepala Puskesmas Pasar Ahad, Azra Nofrizal mengatakan, vaksinasi tahap ketiga bagi nakes tersebut sudah dilaksanakan pada pertengahan September lalu. Ia menyebut, total nakes di Puskesmas Pasar Ahad sebanyak 40 orang, namun yang baru disuntik vaksin dosis ketiga baru 23 orang.

“Sekarang baru 23 Nakes yang sudah divaksin tahap 3. Sisanya akan dilakukan secara bertahap karena saat ini kita sedang fokus melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat,” kata Azra Nofrizal kepada KABA12.com, Sabtu (25/9).

Ia mengakui, efek samping dari vaksin Moderna itu dialami cukup terasa dan butuh waktu istirahat, sehingga penyuntikan kepada nakes harus dilakukan secara bertahap.

“Ini dilakukan untuk mengantisipasi efek samping yang dialami nakes setelah divaksin tahap ketiga. Karena itu vaksinasi dilakukan bertahap agar pelayanan masyarakat tetap berjalan optimal,” ujarnya.

Ia menyebutkan, pemberian vaksin dosis ketiga atau booster kepada tenaga kesehatan memang diprioritaskan untuk meningkatkan antibodi. Hal dilakukan lantaran mereka adalah garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

“Harapannya, antibodi atau imunitas nakes itu lebih meningkat setelah divaksin dosis ketiga, sehingga mendapat perlindungan lebih dalam menjalankan tugas penanganan Covid-19,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top