Kaba Terkini

Wako Jawab Pandangan Umum Fraksi DPRD Terkait R-APBD Perubahan 2021

Bukittinggi, KABA12.com — Wali Kota Bukittinggi jawab pemandagan umum yang disampaikan setiap fraksi di DPRD terkait R-APBD perubahan 2021. Jawaban itu disampaikan secara resmi dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Bukittinggi, Kamis (16/09).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dalam jawabannya menyampaikan, dalam kondisi pandemi covid-19, pemko akan tetap berupaya memaksimalkan perolehan PAD untuk selanjutnya digunakan sebagai dukungan anggaran bagi pelaksanaan pembangunan.

“Realisasi PAD sampai dengan 31 Agustus 2021 sudah mencapai Rp 54.132.977.415,- atau sebesar 40,36% dari target yang ditetapkan Rp 134. 115.624.892,-.
Capaian target ini lebih rendah dari yang seharusnya yakni sebesar 66,67%. Jika semua kalkulasi dan asumsivberjalan normal, seharusnya capaian realisasi PAD pada 31 Agustus 2021 sudah berada pada angka Rp 89.414.887.115,-,” jelas Erman.

Upaya yang akan dilakukan dalam peningkatan PAD jika pandemi terjadi sampai akhir tahun, dengan mempertimbangkan pemberian pengurangan, keringanan atau pembebasan atas pokok pajak atau retribusi termasuk sanksi. Perpanjangan pemenuhan kewajiban pembayaran pajak daerah dan menghitung kembali potensi PAD yang tidak akan tercapai proyeksinya.

Terkait musibah kebakaran, pemko dalam waktu singkat akan kembali membenahi los atau kios yang terbakar. Ditargetkan dalam tiga minggu setelah lokasi kebakaran selesai dibersihkan pembangunan los dan kios dapat diselesaikan, untuk selanjutnya digunakan kembali oleh para pedagang yang sebelumnya telah menempati atau menggunakan.

“Sesuai dengan peraturan tata kelola keuangan daerah, sumber dana bagi pembangunan los dan kios pasar bawah yang terbakar direncanakan akan menggunakan belanja tidak terduga. Saat ini Dinas PUPR sedang menghitung secara rinci dan detail kebutuhan pendanaan, yang nanti akam disampaikan kepada DPRD melalui mekanisme perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top