Kaba Agam

Stok Menipis, Harga Cabai Merah di Agam Naik

Maninjau, KABA12.com — Harga sejumlah komoditas bahan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Agam kembali mengalami kenaikan sejak beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah harga cabai merah keriting yang kini naik akibat pasokan menipis.

Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Azwar Chan mengakui kenaikan harga cabai merah keriting sudah terjadi sejak 10 hari yang lalu.

Ia menyebut, harga cabai merah keriting saat ini dijual berkisar Rp 28 ribu per kilogram, sebelumnya hanya Rp 20 ribu per kilogram.

“Harganya naik lagi karena pasokan mulai menipis. Sekarang saya menjualnya Rp 28 ribu per kilogram. Sebelumnya Rp 20 ribu. Kenaikan harga sudah terjadi sejak 10 hari lalu,” ujarnya saat ditemui KABA12.com, Selasa (14/9).

Ia mengatakan, kenaikan harga cabai merah disebabkan oleh para petani di sejumlah daerah tidak melakukan panen raya akibat pengaruh cuaca ekstrim. Sehingga membuat pasokan di tingkat petani mulai menipis.

“Petani tidak panen raya karena cuaca sering hujan, sehingga berdampak pada kurangnya ketersediaan stok dan membuat harganya naik,” katanya.

Ia mengakui, mahalnya harga cabai saat ini membuat daya beli masyarakat menurun.

“Sejak harganya naik, permintaan dari masyarakat terbilang rendah atau menurun. Saya berharap harganya bisa segera kembali normal,” ungkapnya.

Berbeda dari harga cabai merah keriting, harga bawang merah dan bawang putih justru dijual dengan harga standar. Hal ini dikarenakan stok bawang yang melimpah sejak dua pekan terakhir.

Azwar Chan menambahkan, saat ini harga bawang merah dibanderol Rp 24 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang putih Rp 25 ribu per kilogram.

“Untuk komoditas bawang, harganya sekarang masih standar karena stok masih banyak,” katanya.

(Bryan)

1 Comment

1 Comment

  1. Wandiputra

    14 September 2021 at 14:13

    Pedagang berharap harga turun..sedangkan petani berharap harga nya naik..terus salah saya apa.. 😂😂😂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top