Kaba Terkini

Pemprov Sumbar Gelar Peningkatan Kompetensi Enterpreneur Kepala Sekolah se-Agam dan Bukittinggi

Maninjau, KABA12.com — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan peningkatan kompetensi enterpreneur bagi kepala sekolah tingkat SMA dan SMK untuk wilayah Agam- Bukittinggi, Jum’at (30/7).l di aula SMKN 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Hadir dalam kesempatan itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Adib Alfikri, Anggota DPRD Sumbar Rinaldi, Kepala Disdikbud Agam Isra, kepala sekolah tingkat SMA dan SMK se Agam-Bukittinggi, serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Adib Alfikri dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini diselenggarakan adalah untuk meningkatkan kompetensi kepala sekolah pada bidang enterpreneur atau kewirausahaan yang dapat menciptakan inovasi baru dan perubahan dengan memanfaatkan seluruh peluang yang ada.

Ia menyebutkan, berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah diamanatkan bahwa standar kepala sekolah harus memiliki standar kompetensi yang sudah ditetapkan.

“Standar kompetensi itu meliputi, kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial,” ujar Adib Alfikri.

Menurutnya, kegiatan peningkatan kompetensi enterpreneur ini merupakan sebuah kesempatan emas bagi kepala sekolah, sehingga nantinya harus diwujudkan dan diimplementasikan di sekolah masing-masing.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mendukung penuh kegiatan peningkatan kompetensi bagi kepala sekolah tingkat SLTA ini. Ia menyebut, pemerintah provinsi saat ini memprioritaskan progam pendidikan dengan alasan yaitu meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang lebih berkualitas.

Menurutnya, para siswa saat ini merupakan cadangan SDM untuk membangun bangsa di masa depan.

“Sehingga mereka harus disiapkan dari sekarang untuk menjadi pemimpin bangsa. Persiapan itu bisa dimulai dari memaksimalkan bakat yang dimiliki, agar dapat mewujudkan cita-citanya dimasa yang akan datang, terutama dalam membangun Sumatera Barat kedepannya,” ungkapnya.

Anggota DPRD Sumbar Komisi III, Rinaldi menambahkan, pihaknya dari legislatif sangat memiliki kepentingan dengan suksesnya pembangunan di Sumatera Barat. Ia mengakui, salah satu peningkatan SDM yang menjadi program unggulan pemerintah provinsi saat ini adalah meningkatkan SDM yang berkualitas.

“Meningkatkan kualitas SDM juga merupakan salah satu kunci dalam suksesnya pembangunan kedepan,” kata Rinaldi dari fraksi PKS.

Disamping itu, ia juga meminta pihak sekolah untuk memiliki mata pelajaran SDM Kewirausahaan, termasuk dengan kurikulumnya agar dapat menciptakan orang-orang yang memiliki jiwa wirausaha.

“Kita berharap dengan mata pelajaran itu nantinya tidak hanya melahirkan orang-orang yang cerdas, tetapi juga memiliki jiwa wirausaha yang berkualitas,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top