Kaba Terkini

Gubernur Sumbar Tinjau RSUD Lubukbasung, Mahyeldi : Dinkes Sumbar Back-up RSUD

Lubukbasung, kaba12.com — Gubernur Sumbar H.Mahyeldi Ansharullah tinjau RSUD Lubukbasung yang saat ini menjadi salah satu rumah sakit yang menangani pasien covid-19.

Kedatangan Mahyeldi yang didampingi Rinaldi, anggota DPRD Sumbar itu disambut hangat para pejabat daerah, karena ini merupakan kunjungan pertama Mahyeldi sejak menjabat gubernur Sumbar, yang nyaris bersamaan dengan pelantikan bupati Agam. Bahkan, gubernur meluangkan waktu khusus ditengah kesibukannya untuk meninjau rumah sakit yang berada tak jauh dari kantor bupati Agam itu.

Kunjungan gubernur Sumbar itu disambut Sekab.Agam M.Dt.Maruhun, yang juga sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Agam, bersama direktur RSUD Lubukbasung, tim dokter penanganan covid-19 Agam dan unsur lain.

Kepada gubernur Sumbar, Sekab.Agam M.Dt.Maruhun bersama direktur RSUD Lubukbasung menyampaikan beberapa kendala yang dihadapi pemerintah dan tim medis dalam penanganan pasien covid-19, selain dampak keterbatasan anggaran, tenaga medis dan peralatan pendukung, sehingga membutuhkan dukungan dan perhatian khusus dari Pemprov.Sumbar.

Menanggapi hal itu, gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah langsung merespon keluhan tersebut, terutama terkait dengan tidak adanya perangkat ventilator khusus untuk penanganan covid-19, HFNC, obat anti virus, kekurangan tenaga medis serta berbagai hal lain, terkait dengan semakin tingginya tingkat pelayanan medis terhadap pasien covid-19 di daerah ini.

Hal itu disebutkan masih dalam proses penanganan, karena sebelumnya Pemkab.Agam merancang beberapa program khusus untuk mendukung penyediaan sarana yang dibutuhkan melalui penggunaan dana BTT (biaya tak terduga), namun hingga kini masih menunggu advis dari BPKP.

“ Kita berharap, BPKP lebih cepat merespon, karena Pemkab.Agam sudah lebih dari 15 hari mengajukan permintaan nasehat/masukan(advice), karena ini menjadi kebutuhan mendesak dan vital dalam penanganan pandemic covid-19. Kita akan sampaikan hal itu, “ tegas gubernur.

Mahyeldi juga meminta Dinkes Sumbar untuk memback-up RSUD Lubukbasung terkait dalam penanganan covid-19, pelayanan dan hal-hal lain berkaitan dengan operasional rumah sakit yang kini menjadi rujukan penanganan pasien covid-19 tersebut.

Mendapat respon dari gubernur Sumbar itu, Sekab.Agam M.Dt.Maruhun, seperti dikutip amcnews.com, atas nama Pemkab.Agam berterimakasih pada gubernur Sumbar yang sudah mengunjungi RSUD Lubukbasung dan menyaksikan langsung kondisi dan mendengar langsung berbagai kendala penanganan pasien di rumah sakit umum satu-satunya di kabupaten Agam tersebut.

“Semoga dengan kedatangan gubernur ke RSUD Lubukbasung, jadi penerang bagi kita untuk melengkapi berbagai kekurangan yang ada, untuk mengoptimalkan penanganan pasien covid-19 di rumah sakit ini, ” ujarnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top