Kaba Terkini

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Disdukcapil Agam “ Urai ” Kerumuman

Lubukbasung, kaba12.com — Untuk memutus penyebaran virus corona, Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Agam, lakukan langkah-langkah khusus dengan membuat program yang efektif untuk melayani masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan (adminduk).

Potensi kerumunan warga yang berjubel mengurus berbagai berkas kependudukan, hingga pertengahan Juli lagi masih terlihat tinggi, khususnya di kantor pusat Disdukcapil Agam, yang hampir tiap hari kerja, ratusan warga berjubel di kompleks halaman kantor tersebut untuk berurusan.

Upaya mengurai kerumuman itu, jajaran Disducapil Agam mulai memaksimalkan penerapan beberapa pola layanan yang sudah dirancang sebelumnya, salah satunya dengan mulai mempersiap -kan tenaga administrasi di seluruh pemerintah nagari di kabupaten Agam dalam menguasai sistim pengelolaan administrasi kependudukan, sehingga masyarakat hanya berurusan sampai di nagari.

Hal itu ditegaskan Rahman,Sip,MM, plt.Kadinas Dukcapil Agam menjawab kaba12.com, terkait sistim yang akan diterapkan untuk mengurai kerumuman warga yang beberapa waktu belakangan masih banyak yang berurusan ke kantor Disdukcapil Agam.

Rahman yang didampingi Fitriandi,ST, Kabid.Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data (PIAK&PD) Disdukcapil Agam menjelaskan, pihaknya sudah mempunyai beberapa strategi untuk mengurai potensi keramaian tersebut.

Dijelaskan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan beberapa nagari sebagai pilot project untuk program SILEK (sistim informasi elektronik) yang diramu dengan berbagai program yang sudah ada sebelumnya untuk mendorong seluruh nagari bisa menyelesaikan seluruh berkas administrasi kependudukan di nagari masing-masing.

“ Kita tengah mempersiapkan itu. Target kita, seluruh nagari bisa menangani proses adminduk di kantor nagari, sesuai ketentuan dan prosedur yang sudah ditetapkan, “ tegasnya.

Untuk merealisasikan target tersebut, saat ini Disdukcapil Agam tengah menggelar proses pelatihan pada petugas adminduk yang ditunjuk pemerintah nagari, baik yang didatangi langsung ke kecamatan maupun yang dilatih di kantor Disdukcapil Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top