Kaba Terkini

Pasia Laweh Bakal Jadi Nagari Konstitusi, Rahman : Garda Terdepan Kesadaran Konstitusi

Lubukbasung, kaba12.com — Dijadualkan Agustus mendatang, Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia akan mengukuhkan Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, sebagai nagari konstitusi.

Pengukuhan Nagari Konstitusi ini, merupakan salah satu misi MK dalam upata meningkatkan kesadaran konstitusi masyarakat melalui pemerintahan nagari dan desa di Indonesia.

Rencana pengukuhan Nagari Pasia Laweh, Palupuah sebagai Nagari Konstitusi itu itu disampaikan Kepala Biro Humas MK RI, Fajar Laksono saat beraudiensi dengan Bupati Agam, yang diwakili Asisten I Sekab Agam, Rahman, di Mess Pemkab Agam Belakang Balok Bukittinggi, Kamis (29/7).

Mengutip amcnews.com, Fajar Laksono menjelaskan, saat ini, MK miliki tiga desa konstitusi dan tanggal 28 Agustus 2021 mendatang, Nagari Pasia Laweh,kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam akan dikukuhkan sebagai Nagari Konstitusi.

Dijelaskan, Desa atau nagari konstitusi itu, kata Fajar, miliki indikator masing-masing. Salah satunya terkait UU Kehutanan yang telah jadi putusan MK, Nagari Pasia Laweh memiliki atensi dalam pengelolaan kehutanan sejalan dengan putusan MK tersebut, “ini indikator yang menjadikan Nagari Pasia Laweh, ditetapkan sebagai nagari konstitusi oleh MK nanti,” jelasnya.

Ditambahkan, desa atau nagari konstitusi bukan wilayah yang dalam artian terbaik, tapi siap diberikan pendampingan karena miliki potensi untuk didampingi bagaimana warganya miliki kesadaran berkonstitusi, dimana sebelum pengukuhan, MK menggelar pertemuan dengan bupati Agam untuk meminta dukungan sekaligus hadir dalam prosesi pengukuhan tersebut.

Mendapat penjelasan itu, bupati Agam seperti disampaikan Rahman, Asisten I Sekab.Agam mengaku sangat bangga dan tersanjung atas besarnya perhatian dan apresiasi yang diberikan Mahkamah Konstitusi kepada kabupaten Agam, dibuktikan, Nagari Pasia Laweh, sebagai salah satu nagari di kabupaten Agam bakal ditetapkan sebagai Nagari Konstitusi di Indonesia.

Secara khusus, Pemkab.Agam, ulas Rahman sangat berterimakasih dan memberi penghargaan yang sangat tinggi pada MK, bahkan diyakinkanya, Pemkab.Agam akan memberi dukungan penuh dalam rangkaian penetapan Nagari Pasia Laweh sebagai Nagari Konstitusi tersebut.

“ Ini luar biasa. Ndak bisa jo tapak tangan nan duo, jo nyiru kito tampuangkan, “ sebut Rahman.

Diyakinkannya, Pemkab.Agam melalui unsur terkait, akan memberi dukungan penuh terhadap rangkaian persiapan termasuk dukungan berkas administrasi yang dibutuhkan dalam rangka pengukuhan Nagari Konstitusi tersebut, karena hal ini menjadi salah satu motivasi dalam mendorong peningkatan kesadaran konstitusi masyarakat kabupaten Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top