alterntif text

Kaba Terkini

2 Tahun Dihajar Pandemi, Semangat Qurban Warga Agam Makin Tinggi

Lubukbasung, kaba12.com — Walau sudah lebih 2 tahun diterjang pandemic covid-19, namun semangat masyarakat kabupaten Agam dalam beribadah dan menyembelih hewan qurban dalam Idul Adha 1422 Hijriah tinggi.

Hal itu dibuktikan, dengan peningkatan jumlah hewan qurban yang disembelih masyarakat di 16 kecamatan di Lubukbasung. Mayoritas kecamatan, jumlah hewan qurban yang disembelih meningkat signifikan, hanya beberapa kecamatan yang mengalami penurunan.

Seperti dijelaskan Ir.Arief Restu, Msi, Kadinas Pertanian Agam yang menyebutkan, sesuai data yang dihimpun pihaknya dari seluruh kecamatan di kabupaten Agam, terjadi peningkatan jumlah hewan qurban secara signifikan dibanding tahun 2020 lalu.

Baca Juga:  PAN Bakal Komunikasi Intens Dengan Partai Lain

Dijelaskan Arief Restu, jumlah hewan qurban yang disembelih warga di 16 kecamatan tahun 2021 mencapai 5.980 ekor sapi, 3 ekor kerbau dan 119 ekor kambing, dengan total hewan qurban 6.102.

Jumlah ini, disebutkan Kadinas Pertanian Agam itu, juga jauh melampaui prediksi pihaknya untuk jumlah pemotongan hewan qurban tahun ini, yakni 5.575 ekor sapi, dan 343 ekor kambing dengan total 5.918 ekor, “ Alhamdulillah, data lapangan yang terhimpun, justru jauh melampaui prediksi atau proyeksi tahun ini, “ jelas Arief Restu.

Dibanding tahun 2020 lalu, ulasnya, jumlah hewan qurban yang disembelih masyarakat dalam rangkaian ibadah hari raya Idul Adha 1422 Hijriah tahun ini, mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Baca Juga:  Presiden Ajak Negara OKI Tolak Keputusan Trump

Dijelaskan Arief Restu, tahun 2020 lau, tercatat sebanyak 5.414 ekor sapi dan 195 ekor kambing dengan total hewan qurban mencapai 5.609 ekor, “ kondisi ini memperlihatkan, ikhtiar masyarakat dalam menjalankan ibadah semakin kuat dan kepedulian untuk sesama semakin tinggi, karena mayoritas daging qurban disebar ke seluruh lapisan masyarakat oleh pelaksana qurban, “ jelasnya.

Kadinas Pertanian Agam itu menegaskan, pihaknya bersama tim peternakan di seluruh kecamatan dan nagari, juga secara intens melakukan pemantauan di lapangan, terutama dalam upaya mengawasi proses pemotongan hewan qurban, termasuk penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Satpol PP dan Damkar Gelar Latihan Bersama

“ Kita masih melakukan pemantauan lapangan dalam sepekan ini, karena masih ada masyarakat yang menggelar pemotongan hewan qurban Rabu besok, Kamis lusa termasuk hari Jumat. Kita masih memantau, “ tegas Arief Restu lagi.

Pantauan kaba12.com, jaringan group pemberitaan Siberindo.co, sepanjang Selasa, mayoritas masyarakat baik di mesjid maupun di Lubukbasung khususnya, melakukan prosesi ibadah pemotongan hewan qurban, yang jumlahnya justru mengalami peningkatan dibanding moment serupa tahun lalu.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top