Kaba Agam

Walinagari Koto Kaciak Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Koto Kaciak, KABA12.com — Walinagari Koto Kaciak Syawaldi, meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap konsisten menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarang.

Menurutnya, kebersihan lingkungan menjadi tanggungjawab semua orang. Oleh karena itu diharapkan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan demi menciptakan lingkungan yang indah dan sehat.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu kepada pengendara yang melintas di sepanjang jalan raya di Kecamatan Tanjung Raya untuk tidak membuang sampah ke pinggir jalan karena hal itu merupakan perilaku buruk yang merusak lingkungan,” ujar Syawaldi kepada KABA12.com, Kamis (15/7).

Pihaknya juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk bertanggungjawab terhadap sampah rumah tangga masing-masing. Dimana pemerintah telah menyediakan kontainer sampah di nagari sebagai tempat pembuangan sementara.

Apalagi Nagari Koto Kaciak telah memiliki 2 unit armada becak motor pengangkut sampah yang beroperasi setiap hari menjemput sampah rumah tangga ke rumah-rumah warga.

“Oleh karena itu mari kita budayakan menjaga kebersihan lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan apalagi ke sungai dan bandar, karena dapat memicu terjadinya banjir saat musim hujan,” katanya.

Ia menegaskan, jika warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan terutama ke pinggir jalan, pihaknya tak segan-segan akan memberi sanksi hukum kepada pelaku sesuai dengan peraturan daerah.

“Kami akan beri sanksi kalau ada oknum warga yang kedapatan buang sampah sembarangan,” tegasnya.

Sebelumnya, pihak pemerintah Nagari Koto Kaciak, Bamus, KAN, Himpunan Mahasiswa Koto Kaciak (HMKK), mahasiswa KKN UNP, dan tokoh masyarakat telah melaksanakan giat gotong royong pembersihan sampah di pinggir jalan raya Lubukbasung-Bukittinggi persisnya di Banda Kapeh, Jorong Pasar Raba’a pada Minggu (4/7) lalu.

Sampah itu sengaja dibuang oleh oknum masyarakat luar yang tidak bertanggungjawab. Keberadaan sampah juga membuat pencemaran lingkungan, sehingga pemerintah nagari bersama sejumlah pihak harus turun tangan untuk menangani tumpukan sampah tersebut.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top