Kaba Pemko Bukittinggi

Tidak Hanya PBB, Pemko Minta BTC Tertibkan Perdagangan Di Sekeliling Gedung

Bukittinggi, KABA12.com — Pemko Bukittinggi tengah menyorot aktifitas Banto Trade Center (BTC).

Selain meminta pihak pengelola BTC untuk melunasi tunggakan PBB, pemko juga meminta aktifitas perdagangan sembako yang ada di sayap gedung juga dihentikan.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menjelaskan, peringatan tegas hingga batas waktu tangga 7 Juli 2021, tidak hanya berlaku untuk pelunasan tunggakan pajak BTC.

Tapi, pengelola BTC juga harus segera mengosongkan sekeliling gedung itu dari aktifitas perdagangan.

“Ini kami tegaskan, karena tidak sesuai dengan izin peruntukannya. Bahkan, aktifitas perdagangan di sana, berdampak negatif pada jual beli di Pasar Bawah. Ribuan pedagang lama di Pasar Bawah terkena dampak negatif akibat keberadaan pedagang sembako yang dilakukan tanpa izin oleh BTC,” ungkap Erman Safar.

Pemerintah, lanjutnya, harus melindungi stabilitas usaha para pedagang lama di Pasar Bawah.

“Kasihan mereka (pedagang lama di Pasar Bawah, red) sudah berpuluh puluh tahun, dan sudah ada yg sampai generasi ketiga masih jualan di sana, berharap ingin merubah nasib, malah sepi pengunjung gara-gara adanya kegiatan berjualan sembako di BTC. Untuk itu, kita di pemerintah wajib untuk melindungi ribuan pedagang lama yang sudah beraktifitas di Pasae Bawah, ” ujarnya saat diwawancara awak media, Jumat (02/07).

Wako juga menegaskan, pemerintah tidak ingin para pelaku usaha kecil dikelola oleh pihak ketiga, karena akan semakin membebani pedagang. Sementara, jika ditata dan dilayani pemerintah, beban retribusinya kecil.

“Jika pihak ketiga yang mengelola, bisa ratusan ribu bahkan hampir Rp1 juta perbulannya dibebani ke masyarakat kita. Lagian kasihan pedagang lama di pasar bawah, ribuan pedagangnya terdampak,” ungkapnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top