Kaba DPRD Bukittinggi

Fraksi PAN DPRD Bukittinggi Tegaskan Kedudukan DPRD dan Eksekutif Sejajar

Bukittinggi, KABA12.com — Fraksi PAN DPRD Bukittinggi dalam pemandangan akhir pada paripurna, Rabu (30/06), menyampaikan penegasan terhadap statemen wali kota pada paripurna sebelumnya. Pihaknya menilai statemen itu sangat tendensius.

Ketua Fraksi PAN DPRD Bukittinggi, Rahmi Brisma, menjelaskan, Fraksi PAN perlu mengingatkan bahwa antara lembaga DPRD atau lembaga legislatif dengan lembaga pemerintah atau eksekutif, dalam pasal 40 undang-undang Pemerintah Nomor 23 Tahun 2014 adalah sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah yang sejajar dan sebagai mitra daerah.

Fungsi DPRD dalam amandemen Undang- Undang 1945 sesungguhnya tidak hanya pada tiga fungsi saja, namun ada fungsi representasi yang mewajibkan setiap anggota DPRD untuk menyerap menampung menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi serta pengaduan masyarakat yang menjadi tanggung jawaban politik anggota DPRD dihadapan konstituennya secara luas.

“Karena DPRD dan eksekutif adalah sejajar dan mitra daerah, maka sangat disayangkan pernyataan dari wali kota di akhir jawaban atas pemandangan umum fraksi DPRD yang menyebutkan DPRD jangan membawa hal yang menjadi isu di luar kedalam lembaga DPRD ini. Fraksi PAN menilai pernyataan itu tendensius dan menjerumus pada sikap intervensi kepada DPRD Padahal kita sejajar dan mitra daerah,” ungkap Rahmi Brisma.

Fraksi PAN, lanjutnya, dalam pemandangan umum sebelumnya itu, menyampaikan bahwa telah datang ke lembaga DPRD Bukittinggi, masyarakat pedagang pasar atas yang mengadukan aspirasinya.

“Perlu kami sampaikan bahwa kedatangan pedagang pasar atas itu juga diberitakan di media cetak dan elektronik, kami hanya meneruskan penyampaian dan aspirasi mereka kepada Walikota. Kalau menyangkut isu, itu adalah tugas walikota untuk meluruskan kepada masyarakat. Maka informasikanlah secara baik dan benar agar masyarakat bisa tenang. Ini adalah lembaga DPRD dan mohon kita saling menghormati,” tegasnya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top