Kaba Terkini

Warga Antusias Ikuti Vaksinasi Massal di Maninjau

Maninjau, KABA12.com — Sejumlah masyarakat Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam antusias mengikuti imunisasi vaksin Covid-19 secara massal yang diselenggarakan Polsek Tanjung Raya, Sabtu (26/6).

Pelaksanaan vaksinasi gratis dalam rangka menyambut hari Bhayangkara ke- 75 itu digelar di halaman kantor KAN Maninjau, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Agam. Para peserta vaksin mulai mendatangi lokasi sejak pukul 09.00 WIB.
Sebelum disuntik, mereka langsung mengikuti beberapa tahapan, diantaranya pendaftaran, pengecekan tensi darah, suhu tubuh, dan screening.

Proses penyuntikan vaksin ke tubuh dilakukan oleh vaksinator dari tenaga kesehatan Puskesmas Maninjau dan Puskemas Pasar Ahad.

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin kepada KABA12.com menyebutkan, vaksinasi massal yang digelar hari ini merupakan salah bentuk dukungan Polri terhadap program pemerintah tentang pemberian 1 juta vaksin secara serentak di seluruh Indonesia.

Ia menilai, antusiasme masyarakat dalam mengikuti imunisasi vaksin Covid-19 ini cukup tinggi, walaupun ada sejumlah warga yang ditunda karena beberapa alasan seperti tensi darah tinggi, batuk, penyintas Covid-19, dan lainnya.

“Alhamdulillah antusiasme masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti vaksinasi massal tahap awal, dan telah melampaui target yang kita tetapkan yakni 100 orang. Tercatat, ada sebanyak 130 orang masyarakat di Tanjung Raya yang sudah menjalani imunisasi vaksin pada hari ini,” kata Iptu Akhiruddin, Sabtu sore.

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi massal dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-75 dan mendukung program pemerintah ini bekerjasama dengan sejumlah pihak Kecamatan, diantaranya Puskesmas Maninjau, Puskesmas Pasar Ahad, Koramil 05 Tanjung Raya, dan Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya.

Menurutnya, imunisasi vaksin ini sangat berguna bagi masyarakat untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19. Melalui imunisasi, kata dia, sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga bisa menangkal paparan virus Corona termasuk dari varian baru.

“Semoga dengan vaksinasi ini masyarakat bisa lebih aman, sehat, dan terhindar dari penularan Covid-19. Karena progam vaksinasi ini merupakan salah satu upaya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Diketahui, vaksin yang diberikan kepada masyarakat adalah produksi Sinovac asal China yang sudah memiliki sertifikasi halal dari MUI dan uji klinis oleh Badan POM. Masing-masing peserta vaksinasi tahap awal mendapat dosis suntikan vaksin sebanyak 0,5 ml per orang.

Sementara vaksinasi tahap kedua direncanakan akan berlangsung pada 10 Juli 2021 nanti di Puskesmas Maninjau dan Puskemas Pasar Ahad.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top