alterntif text

Kaba Terkini

Warga Agam Diminta Waspada, Cuaca Ekstrem Landa Daerah Ini

Lubukbasung, kaba12.com — Masyarakat kabupaten Agam diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul beberapa hari terakhir daerah ini kembali dilanda cuaca ekstrem, yang dikuatirkan berdampak terhadap aktivitas warga.

Selain itu, seluruh unsur terkait di jajaran pemerintah untuk meningkatkan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak yang berpotensi dialami masyarakat menyusul perubahan cuaca yang kerap mendadak, mengingat wilayah kabupaten Agam dikenal sebagai kawasan rawan.

Himbauan itu disampaikan M.Dt.Marahun, Sekab.Agam yang juga Kepala BPBD Agam, menyikapi kondisi perubahan cuaca yang beberapa hari terakhirnya intensitasnya semakin tinggi, bahkan di beberapa kawasan, juga mulai dirasakan dampaknya.

Baca Juga:  H+6 Lebaran-Objek Wisata Pasie Tiku Makin Ramai

Disebutkan M.Dt.Maruhun, beberapa hari terakhir, pola perubahan cuaca yang cukup ekstrem, dari cuaca panas, tiba-tiba berubah diterjang hujan lebat dengan itensitas tinggi yang disertai angin kencang, dikuatirkan jika tidak diwaspadai oleh seluruh masyarakat bisa berdampak terhadap berbagai kegiatan yang tengah dilaksanakan, terutama warga yang sedang beraktivitas di jalan karena, karena kondisi jalan licin, jalan dipenuhi banjir, akan berisiko jika tidak lebih waspada dalam berkendara.

Termasuk di beberapa wilayah, dampak curah hujan tinggi, kerap memicu banjir di beberapa kawasan yang rentan, termasuk potensi pohon roboh dan longsor, “ kami himbau seluruh unsur dalam pemerintahan sampai ke tingkat nagari untuk lebih waspada dan siaga, “ harap M.Dt. Maruhun.

Baca Juga:  Cara Batuka Cincin Bundo Kanduang Ikuti Pelatihan

Secara khusus kepala BPBD Agam itu juga menghimbau para nelayan untuk betul-betul memantau pola cuaca jika menjalankan aktivitas di laut, karena hasil pantauannya, perubahan cuaca justru kerap terjadi sore dan malam hari, saat para nelayan melaut, “ kita berharap, seluruh kegiatan masyarakat berjalan aman dan lancar, “ ungkap M.Dt.Maruhun lagi.

Baca Juga:  Dampak Banjir di Tiku V Jorong Puluhan Rumah Terendam Sekolah Diliburkan

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top