alterntif text

Catatan 12

Maraknya Penyalahgunaan NAPZA di Kalangan Selebritis

Penulis: Laura Reski Triananda 1704033
Jurusan: S1 Farmasi, Universitas Perintis Indonesia

Penggunaan NAPZA saat ini marak terjadi di lingkungan masyarakat. Salah satunya di lingkungan entertainment Indonesia. Hal tersebut terjadi karena faktor lingkungan dan pekerjaan, ada beberapa dari mereka menggunakan NAPZA dilatar belakangi karena untuk menghilangkan stress, kelelahan, kesedihan, dan untuk meredakan emosi.

Dari situlah memunculkan adanya kecanduan penggunaan NAPZA. Kebanyakan pengedar narkotika menjual obat-obat terlarang tersebut kepada selebritis karena selebritis memiliki penghasilan yang tinggi sehingga mempengaruhi profit pengedar tersebut.

Dampak dari penggunaan NAPZA di kalangan selebriti tersebut tentunya akan menimbulkan stigma negative di lingkungan masyarakat khususnya bagi para penggemar dan mereka akan kehilangan popularitas serta pekerjaan dan berdampak buruk bagi selebriti yang terjerumus dalam narkotika.

Baca Juga:  “Super Market Bencana Yang Minim Sarana “

Sejauh ini memang belum ada penelitian yang menguatkan anggapan bahwa dunia selebriti berkorelasi dengan narkoba. Namun, realitanya dalam beberapa tahun ini banyak artis yang terjerat narkoba. Bahkan, intensitasnya belakangan kian meningkat.
Yang terbaru adalah tertangkapnya musisi pelantun lagu ‘Dia’ Anji yang diamankan pada Jum’at 11 Juni 2021, di studio rekaman miliknya di kawasan Cibubur. Anji telah ditetapkan menjadi tersangka atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis ganja.
Kapolres Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo mengatakan, Anji membeli ganja lewat sebuah situs di luar negeri yang diduga dari wilayah Amerika Serikat. Dalam melakukan transaksi tersebut, Anji menggunakan akun atau ID bukan miliknya melainkan milik rekannya. Saat ini, pemilik ID tersebut tengah dalam pengejaran.

Baca Juga:  Lubukbasung “ Tacelak 2018 “

Didapatkan sejumlah alat bukti terkait penangkapan Anji. Barang bukti yang ditemukan Satreserse Narkoba Polres Jakarta Barat tidak hanya ganja, tetapi juga buku pengetahuan tentang ganja. Barang bukti ganja disita di dua lokasi, Cibubur dan Bandung sebanyak 30 gram.

Selain itu ditemukan juga bukti berupa buku berjudul hikayat pohon ganja. Selain kedua bukti itu, polisi juga mengamankan biji-bijian ganja dan batang ganja yang tersimpan secara rapi di lokasi perkara kedua, Bandung.

Baca Juga:  Identifikasi Senyawa Metamfetamin Dalam Urine Pengguna Sabu-Sabu

Ganja merupakan salah satu jenis narkoba yang paling banyak disalahgunakan oleh masyarakat, bahkan publik figur sekalipun sudah banyak terjerat kasus penyalahgunaan narkoba. Karena banyak faktor yang membuat mereka melakukanya serta adanya celah untuk mendapatkan barang haram tersebut dari oknum tidak bertanggung jawab.

Efek dari ganja sendiri yang memberikan sensasi ketenangan serta membuat rileks si pengguna menjadikan ganja paling banyak digunakan di kalangan selebritis sekalipun. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top