alterntif text

Kaba Terkini

Antisipasi Tumbang, Sejumlah Pohon di Tanjung Raya Dipangkas

Maninjau, KABA12.com — Sejumlah pohon berukuran besar yang ada di sepanjang jalan raya Lubukbasung-Bukittinggi di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam dipangkas oleh petugas, Selasa (22/6). Pemangkasan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang ketika dilanda hujan lebat disertai angin kencang.

Pantauan kaba12.com dilapangan, pemangkasan pohon melibatkan petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Agam dengan menurunkan satu unit truk skylift. Mayoritas pohon yang dipangkas adalah jenis mahoni.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi menyebutkan, pemangkasan pohon merupakan agenda rutin yang dilaksanakan di setiap tahunnya. Hal ini mesti dilakukan karena kondisi wilayah Tanjung Raya sering dilanda angin kencang atau angin ‘darek’ sehingga pohon-pohon tinggi berukuran besar dapat berpotensi tumbang.

Baca Juga:  Operasi Yustisi Polres Agam Jaring 126 Pelanggar Prokes

“Nah, untuk mengantisipasi bencana pohon tumbang, petugas dari DLH Agam melakukan pemangkasan pohon di wilayah Kecamatan Tanjung Raya. Saat ini ada sekitar belasan pohon di sepanjang jalan raya Lubukbasung-Bukittinggi ini yang sudah dipangkas,” kata Handria kepada KABA12.com Selasa.

Baca Juga:  Pemkab Agam Jamin Pasokan Pangan Selama Ramadhan

Ia mengatakan, pemangkasan pohon berusia puluhan tahun di Tanjung Raya sudah dimulai sejak Senin (21/6) kemarin. Hingga kini, proses pemangkasan dilakukan di beberapa titik seperti di depan kantor Walinagari Bayur, dan wilayah Nagari Maninjau.

“Dijadwalkan, pemangkasan pohon akan berlanjut hingga ke kawasan Kelok 44 mengingat masih banyaknya pohon yang rawan tumbang karena berusia rata-rata sekitar 30 tahun,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap agar perusahaan BUMN seperti PLN dan Telkom untuk dapat melakukan pemangkasan dahan pohon agar tidak menggangu jaringan listrik.

Baca Juga:  Pemkab Agam Canangkan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM

Disamping itu, bagi masyarakat yang menginginkan pohon besar dipangkas, diminta untuk segera melaporkannya ke pemerintah nagari masing-masing, agar laporan tersebut diteruskan ke tingkat kecamatan guna diproses lebih lanjut.

“Silahkan lapor ke perangkat nagari masing-masing untuk pemangkasan pohon-pohon yang rawan tumbang. Nanti pihak nagari akan meneruskan laporan itu ke kecamatan, supaya kita fasilitasi segera untuk pemangkasan nya,” jelas Camat.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top