alterntif text

Kaba DPRD Bukittinggi

Bapemperda DPRD Bukittinggi Pelajari Trik Legislasi DPRD Palangkaraya

Palangkaraya, KABA12.com — Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Kota Bukittinggi melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (16/06) lalu. Kunker itu dilaksanakan dalam rangka sharing informasi tentang trik Anggota DPRD dalam melaksanakan fungsi legislasi.

Ketua Bapemperda Bukittinggi, Syaiful Efendi, menjelaskan, maksud dari kedatangan DPRD Kota Bukittinggi ke Palangkaraya untuk mempelajari dan mengetahui upaya DPRD Palangkaraya, khususnya Bapemperda dalam melakukan fungsi legislasi.

“Kami ingin mengoptimalkan fungsi legislasi di DPRD Bukittinggi, sehingga salah satu tugas kedewanan itu dapat dituntaskan dengan baik,” jelasnya.

Baca Juga:  Antisipasi Banjir, Saluran Irigasi Dibenahi

Syaiful menyampaikan, sejak dilantik 7 Agustus 2019 hingga 7 Agustus 2020, DPRD Bukittinggi telah menyelesaikan pembahasan terhadap 12 ranperda. Selanjutnya DPRD Bukittinggi juga telah menyusun Naskah Akademik serta proses pembentukan untuk 4 ranperda inisiatif. Sedangkan untuk tahun 2021 ini, DPRD Bukittinggi tengah mempersiapkan 3 ranperda inisiatif.

Dalam kesempatan, Subari, SP, selaku tim ahli Bapemperda DPRD Kota Palangkaraya, menjelaskan, salah satu trik dalam pembuatan perda, dengan membentuk tim yg terdiri dari tenaga ahli, pihak universitas dan Kemenkumham. Hal yang selalu dilakukan Bapemperda adalah mengkomunikasikan bersama OPD sehingga saat pembahasan, materi dan data sudah lengkap serta dipahami.

Baca Juga:  Mega Proyek Jadi Sorotan Warga GP

“Untuk sosialisasi perda, DPRD melakukan koordinasi dengan OPD terkait. Salah satunya dengan menitipkan anggaran di OPD hingga nanti disaat sosialisasi, dewan dapat hadir selaku narasumber sehingga peraturan yang dibuat bisa dipahami oleh masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Narkoba Musuh Negara, Polres Agam Gelar Pelatihan Bahaya Narkoba di Palembayan

Selain Syaiful Efendi, kunjungan kerja itu juga diikuti oleh Pimpinan DPRD, Nur Hasra, Anggota Bapemperda, Edison Katik Basa, M. Angga Alfarici, Arnis Malin Palimo, erdison Nimli, Nofrizal Usra dan H. Irman.

Rombongan diterima oleh Subari, SP selaku tim ahli Bapemperda DPRD Kota Palangkaraya. Pertemuan itu juga dihadiri Ir. Arif Rahman sebagai tim ahli Banggar dan Sitti Masmah selaku sekwan DPRD Kota Palangkaraya.

(Ophik)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top