Kaba Agam

Pohon Tumbang di Kelok 2 Berhasil Dievakuasi, Akses Lalin Kembali Lancar

Maninjau, kaba12.com — Sebuah pohon berukuran besar yang tumbang di jalur Kelok 44 persisnya di Kelok 2, Jorong Pasar Maninjau, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam berhasil dievakuasi. Akses lalu lintas yang sebelumnya sempat tersendat, kini sudah bisa dilalui kendaraan.

Proses evakuasi melibatkan tim gabungan terdiri dari personil BPBD Agam, Polsek Tanjung Raya, Koramil 05 Tanjung Raya, Kecamatan, TKSK, nagari, pemuda, dan warga sekitar.

Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin mengatakan, akses lalu lintas dari arah Lubukbasung menuju Bukittinggi maupun sebaliknya itu sudah bisa dilalui oleh kendaraan pada pukul 10.45 WIB. Setelah sebelumnya jalur ini sempat tersendat selama 1 jam lewat 15 menit akibat material pohon menutup badan jalan.

“Alhamdulillah, sekarang akses lalu lintas di kawasan Kelok 44 sudah kembali lancar. Material pohon tumbang yang sebelumnya menutup badan jalan berhasil dievakuasi oleh tim gabungan menggunakan alat pemotong atau chain saw,” kata Iptu Akhiruddin kepada kaba12.com, Rabu (16/6).

Ia menambahkan, sebelumnya sebuah pohon besar berukuran panjang sekitar 10 meter itu tumbang pada Rabu pagi sekitar pukul 09.30 WIB. Tumbangnya pohon tersebut diduga kibat akarnya yang lapuk dan kondisi tanah labil.

Ia menyebut, beruntung tidak ada kendaraan yang melintas saat kejadian, sehingga tidak menimbulkan korban.

“Korban jiwa tidak ada, karena saat kejadian kondisi lalu lintas di lokasi lengang,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap resiko bencana yang mengintai saat kondisi cuaca ekstrim melanda, seperti tanah longsor, pohon tumbang, dan banjir.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

To Top