alterntif text

Kaba Terkini

Peringatan 113 Tahun Perang Manggopoh “ Pahlawanku Sepanjang Masa “

Lubukbasung, kaba12.com — Dalam rangkaian peringatan 113 tahun Perang Manggopoh, masyarakat bersama pemerintah nagari Manggopoh, kecamatan Lubukbasung gelar beragam kegiatan yang melibatkan berbagai unsur masyarakat.

Dijadualkan, Senin,(14/6) ini, rangkaian kegiatan seremoni sudah mulai dilakukan, dengan menggelar malam renungan suci di kompleks makam pahlawan Mandeh Sitti Manggopoh, Senin malam ini, berlanjut dengan upacara puncak peringatan yang dipusatkan di halaman depan kantor camat Manggopoh, Selasa besok.

Tak hanya itu, rangkaian kegiatan digelar masyarakat juga dijadualkan berlangsung secara marathon tahun ini, terutama kegiatan keagamaan, seni-budaya dan olahraga yang dipusatkan di berbagai lokasi di wilayah nagari Manggopoh.

Baca Juga:  Fraksi PPP : Perda Pengelolaan Program Ditindaklanjuti

Menjawab kaba12.com, Ridwan Dt.Tumbijo,Amd, walinagari Manggopoh menjelaskan, peringatan 113 tahun perang Manggopoh (15 Juni 1908-15 Juni 2021), dijadualkan sudah akan berlangsung Senin hari ini, dengan kegiatan malam renungan suci yang dipusatkan di kompleks makam pahlawan Mandeh Sitti di Manggopoh, baik secara langsung dan virtual, mengingat masa pandemi.

Kegiatan sakral akan berlanjut Selasa,(15/6) dengan upacara puncak peringatan Peran Manggopoh yang dijadualkan akan dipusatkan di halaman depan kantor camat Lubukbasung di Balai Satu Manggopoh, dimana panitia juga sengaja membuka prosesi acara virtual untuk membatasi jumlah pengunjung.

Baca Juga:  Dalam Kondisi Letih Syofyan Ditemukan di Pondok Warga

Selain itu, ulas Ridwan Dt.Tumbijo, untuk semarak acara, bersama berbagai komponen masyarakat juga akan digelar berbagai kegiatan lomba, yang dibagi dalam 3 item, masing-masing bidang keagamaan, diantaranya lomba MTQ Nagari, lomba shalat jenazah, lomba kasidah, lomba pidato, bidang olahraga yakni pertandingan takraw, tenis meja, pertandingan futsal, kemudian bidang seni-budaya, diantaranya lomba baju kuruang basiba, lomba baca puisi dan cabang lomba lainnya.

Diakui Walinagari Manggopoh itu, animo masyarakat yang sangat luar biasa tingginya untuk gebyar peringatan HUT ke-113 Perang Manggopoh itu, belum bisa terealisasi oleh pemerintah nagari, karena terkendala di masa pandemic covid-19, sehingga panitia sengaja menggelar beberapa acara sakral, termasuk upacara puncak dengan zoom metting.

Baca Juga:  Satpol PP Damkar Gencar Razia Penyakit Masyarakat

“ Kami yakin, walau terhalang oleh masa pandemic covid-19, namun hal itu takkan menghalangi kesakralan suasana yang terbangun dengan semangat Perang Manggopoh, karena panitia sengaja mengusung tema, Tempatkan Pahlawanku-Pahlawan Sepanjang Masa, “ tegas Ridwan Dt.Tumbijo dengan mimik serius.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top