Kaba Terkini

Polres Agam Tuai Prestasi, Ringkus Pelaku Pencurian Yang Terekam CCTV

Lubukbasung, kaba12.com — Tim gabungan Satreskrim Polres Agam kembali menuai prestasi menyusul berhasil ditangkapnya pelaku pencurian dengan pemberatan dengan inisial EP,(30) warga Rawang, Kecamatan Pariaman Tangah, Kota Pariaman di Lubukbasung, Kamis,(10/6).

Terakhir pelaku menjalankan aksinya di halaman parkir mini market Mayang Taurai, kawasan Pasar Padang Baru, Lububasung, Selasa,(8/6) sekitar pukul 19.20 WIB yang terekam CCTV.

Usai diringkus tim gabungan Satreskrim Polres Agam dalam operasi khusus dengan sandi “operasi sikat” itu, dari pengakuan tersangka EP yang tinggal di Batu Karak, Nagari Lubukbasung bersama keluarganya itu, pelaku sudah cukup lama menjalankan aksinya, bahkan tercatat sudah 11 kali aksi pencurian dilakukan di 11 lokasi berbeda di wilayah Lubukbasung.

Bersama pelaku EP, tim buser Satreskrim Polres Agam berhasil mengamankan barang bukti berupa 2 unit sepeda motor yang digunakan pelaku dalam menjalankan aksinya yang terekam CCTV, masing-masing sepeda motor merk Honda Beat dengan nomor polisi BM 4184 LL dan merk Honda Vario dengan nomor polisi BA 3614 TS, 1 celanan panjang warna coklat, dan uang tunai Rp.110.000.

Baca Juga:  Pengurus Forum UMKM Dikukuhkan

Seperti diberitakan kaba12.com sebelumnya, aksi pencurian dengan pemberatan itu, dilakukan pelaku EP dengan cara mencongkel paksa kunci bagasi sepeda motor sebelum menguras barang milik para korban, termasuk mengambil apapun jenis barang milik korban yang ada, termasuk charger ponsel,yang direncanakan akan dijual secara online.

Sukses penambahan pelaku pencurian dengan pemberatan itu dibenarkan Kapolres Agam AKBP. Dwi Nur Setiawan,S,Ik,MH, didampingi Wakapolres Agam, Kasat.Reskrim Polres Agam, PAUR. Humas Polres Agam AKP.N.Dt.Sati, dalam realese perkara yang berhasil diungkap jajaran Polres Agam di halaman depan Makopolres Agam, Jumat,(11/6) siang.

Dijelaskan, khusus aksi kriminal yang dilakukan pelaku EP, sudah berlangsung sejak September 2020 lalu, dimana pelaku mengaku melakukan aksinya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Baca Juga:  100 Kelompok Informasi Masyarakat Dikukuhkan

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, tersangka pelaku EP, mengakui sudah melakukan aksinya sejak September 2020 lalu, di 11 lokasi berbeda, masing-masing di depan gerbang SDN 05 Simpang III Lubikbasung, dimana EP berhasil mengambil dompet berisi uang tunai Rp.1,5 juta, dalam jok sepeda motor merk yahama mio.

Kemudian Februari 2021, EP berhasil mencuri handphone merk oppo A12 dalam kantong sepeda motor yang terparkir di depan sebuah kedai dekat SMPN 3 Lubukbasung dan dijual seharga Rp1,1 juta. Bulan Maret hingga Juni ini, EP sukses melancarkan aksinya di berbagai lokasi, masing-masing di kompleks SDLB Lubukbasung pelaku berhasil menyikat uang tunai Rp.1,2 juta dan 1 buah helm

Aksi EP berlanjut di kompleks parkir bank nagari Lubukbasung, juga berhasil menyikat 1 buah helm, termasuk di tempat parkir puskesmas Lubukbasung, depan kantor DPUTR Agam, lokasi parkir Dinas Pertanian Agam dan lokasi parkir pos Satpol.PP Agam di kompleks GOR Basamo Mangko Manjadi, Padang Baru Lubukbasung, masing-masing 1 buah helm yang dijualnya masing-masing helm Rp.100.000.-

Baca Juga:  Pasca Kebakaran, Revitalisasi Pasar Palembayan Prioritas

Selanjutnya aksi pencurian dilakukan di parkiran BRI Tiku, dimana EP berhasil menggondol 2 buah helm, bulan April 2021 lalu, dan terakhir di klinik Evasa Medical Center (EMC) mengambil charger ponsel, “ kita akan terus dalami kasus ini, dan akan diusut tuntas, “ungkap Dwi Nur Setiawan.

Ditegaskan Kapolres Agam itu, pihaknya menyikapi keresahan masyarakat, menyusul aksi-aksi yang dilakukan pelaku, dengan menggelar operasi dengan sandi “Operasi Sikat” yang dipimpin Kabag.Ops.Polres Agam, yang berhasil mengungkap berbagai kasus kriminal yang terjadi beberapa waktu belakangan di wilayah hukum Polres Agam, “ khusus untuk pelaku EP, dikenai pasal 363 jo 362 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,”jelasnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top