Agam

Wakili Agam di Lomba Nagari Berprestasi 2021, Pasia Laweh Dinilai Tim Propinsi

Palupuah, kaba12.com — Nagari Pasia Laweh, kecamatan Palupuah yang terpilih sebagai nagari terbaik di kabupaten Agam dan mewakili daerah ini dalam lomba serupa tingkat propinsi Sumatera Barat tahun 2021, Kamis, (10/6) mulai memasuki tahapan seleksi lapangan.

Rombongan tim penilai nagari berprestasi tingkat Sumbar yang dipimpin Syafrizal, kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) SUmbar itu disambut bupati Agam diwakili H.Martias Wanto Dt.Maruhun, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, ketua TP.PKK Agam Ny.Yenni Andri Warman, didampingi kepala OPD Pemkab.Agam terkait, dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Agam yang disampaikan Sekab.Agam M.Dt.Maruhun menyebutkan, Nagari Pasia Laweh, kecamatan Palupuah untuk tahun 2021 ditetapkan di kabupaten Agam sebagai nagari berprestasi dari 84 nagari yang mengikuti proses seleksi sejak awal.

Dijelaskan, tahun 2020 lalu, kabupaten Agam juga sudah melakukan tahapan penilaian,dimana Nagari Sungai Batang, kecamatan Tanjungraya ditetapkan sebagai nagari berprestasi tingkat kabupaten, “ namun, akibat pandemic covid-19, tahapan penilaian lanjutan ditingkat propinsi maupun nasional tidak berlanjut,”ungkapnya.

Baca Juga:  Bupati Agam Mulai Aktivitas Kedinasan

Ditambahkan M.Dt.Maruhun, dalam proses penilaian dan penetapan Nagari Pasia Laweh sebagai nagari berprestasi tingkat kabupaten Agam, sepanjang tahun 2020-2021, Nagari Pasia Laweh dikenal sebagai salah satu nagari yang sarat akan inovasi, baik dalam bidang pelayanan, kegiatan sosial-kemasyarakatan, kegiatan pembangunan, kegiatan ekonomi dan bidang lainnya.

Yang menonjol, ulas Sekab.Agam itu lagi, terobosan yang dilakukan dalam penanganan dampak pandemic covid-19, dimana Nagari Pasia Laweh membuat inovasi sistim penanganan covid-19 berbasis kaum, yang memberi dampak multi manfaat, tidak hanya dalam konteks penanganan warga yang terpapar covid-19, tapi juga sukses membangun kepedulian kaum terhadap anak-kemenakan dan warga sekitarnya.

Baca Juga:  DPRD Agam Peduli : Seluruh Masyarakat Harus Bangun Peduli

“ Bahkan, dalam pemberian bantuan untuk warga terdampak, Nagari Pasia Laweh justru lebih dulu merealisasikannya dibanding Pemkab.Agam, dengan paritisipasi masyarakat yang sangat menonjol, “ungkap M.Dt.Maruhun lagi.

Diharapkan, Nagari Pasia Laweh, menjadi yang terbaik di Sumatera Barat, karena banyak aspek dan keunggulan yang dimiliki, apalagi nagari itu menjadi salah satu nagari percontohan yang banyak didatangi berbagai daerah untuk program studi tiru.

Dilain pihak, menurut Syafrizal Ucok, ketua tim penilai lomba nagari berprestasi tingkat Sumabr tahun 2021, Nagari Pasia Laweh yang diusulkan Pemkab Agam ke tingkat Sumbar pada penilaian nagari berprestasi sudah melalui berbagai proses yang ditetapkan dan Kamis ini, dilakukan verifikasi dan kunjungan lapangan.

“Sesuai Permendagri nomor 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa, penilaian ini dilakukan secara berjenjang mulai tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional, yang proses penilaiannya fokus pada inovasi yang dilakukan nagari dalam penanganan pandemic covid-19, “jelasnya.

Baca Juga:  DWP Bukittinggi Berbagi Bersama

Dijelaskan, dalam penilaian tersebut, tim dibagi dalam tujuh kelompok bidang penilaian masing-masing bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang ekonomi masyarakat, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, bidang PKK serta bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat.

” Kita takkan ragu menetapkan Nagari Pasia Laweh sebagai nagari berprestasi terbaik di Sumbar tahun 2021 ini, jika memenuhi kreteria yang ditetapkan di seluruh kategori penilaian dan bahkan akan menetapkan nagari yang mewakili kabupaten Agam itu dalam ajang serupa ke tingkat nasional,” tegas Syafrizal Ucok serius.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top