Kaba Terkini

Tim Gabungan Pemkab Agam Gelar Operasi Yustisi di Maninjau

Maninjau, kaba12.com — Jajaran tim gabungan Satgas Covid-19 dari Pemkab Agam kembali melaksanakan operasi yustisi dalam rangka menegakkan Perda Sumbar Nomor 06 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Simpang Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (8/6).

Operasi yustisi yang melibatkan tim gabungan terdiri dari BPBD, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, Polres Agam, Polsek Tanjung Raya, Koramil 05 Tanjung Raya, Pemerintah Kecamatan, dan nagari ini bertujuan untuk mendisiplinkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pantauan kaba12.com dilapangan, sejumlah pengendara yang melintas di jalur penghubung Lubukbasung-Bukittinggi itu diberhentikan petugas lantaran tidak memakai masker.

Baca Juga:  Simpan 7 Paket Sabu, Pemilik Diringkus

Koordinator Lapangan Tim Operasi Yustisi, Syafrizal mengatakan, dalam operasi tersebut petugas gabungan memfokuskan penindakan terhadap masyarakat yang melanggar aturan protokol kesehatan terutama tidak memakai masker. Ia menyebut, terdapat sejumlah warga yang terjaring dalam razia itu karena melanggar protokol kesehatan.

“Mereka yang melanggar aturan protokol kesehatan ini langsung diberi sanksi sosial berupa menyapu jalan di sekitar lokasi. Selain itu, data mereka juga dimasukkan ke dalam aplikasi Sipelada karena telah melanggar protokol kesehatan,” ujarnya kepada kaba12.com.

Ia menyebutkan, tim Satgas Covid-19 Kabupaten Agam akan terus melakukan operasi yustisi di berbagai tempat secara rutin dalam waktu 15 hari kedepan. Razia ini dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan sehingga bisa terhindar dari penularan Covid-19.

Baca Juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, Plaza Bukittinggi Tutup Sampai 17 April

“Selama 15 hari kedepan kita akan lakukan operasi yustisi di berbagai tempat, baik siang maupun malam hari,” tegasnya.

Sementara itu, Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin menambahkan, pihaknya tetap melaksanakan operasi yustisi secara rutin di berbagai tempat terutama di tempat keramaian seperti pasar tradisional dan lainnya.

Baca Juga:  Supermarket Bencana, BPBD Agam Tingkatkan Kewaspadaan

Menurutnya, operasi yustisi digelar untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dengan sasaran masyarakat yang tidak memakai masker.

Ia juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Protap ini wajib diterapkan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

“Tetap patuhi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M agar kita terhindar dari paparan Covid-19. Memakai masker,. menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun merupakan kunci utama untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top