Kaba Terkini

Makhluk Misterius di Palembayan Ternyata Beruang Madu

Palembayan, kaba12.com — Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam memastikan kemunculan makhluk misterius yang sempat menghebohkan warga Nagari Ampek Koto Palembayan, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam beberapa waktu lalu adalah seekor beruang madu (Helarctos Malayanus).

Kepastian ini diketahui setelah adanya pengecekan terhadap kamera trap atau kamera penjebak yang dipasang petugas BKSDA pada Sabtu (5/6) lalu.

Kepala BKSDA Resor Agam Ade Putra mengatakan, berdasarkan hasil rekaman kamera trap yang dipasang pada Sabtu kemarin, disimpulkan bahwa makhluk misterius yang menghebohkan warga setempat dengan ciri-ciri berbulu hitam lebat dan berbau busuk adalah satwa beruang madu.

Ia menyebut, satwa beruang madu terpantau sedang melintas di depan kamera trap pada tanggal 6 dan 7 Juni kemarin.

Baca Juga:  Tim Bulan PRB 2019 BPBD Agam Kunjungi Desa Air Mesu, Bangka Belitung

“Dari 3 kamera trap yang kita pasang di sekitar lokasi, hanya 1 kamera yang berhasil menangkap rekaman satwa beruang madu, persisnya di belakang rumah Sofyan (55) yang berjarak 10 meter dari jalan raya Palembayan-Simpang Patai, Palupuah,” kata Ade Putra, Selasa (8/6).

Ia menjelaskan, pemasangan kamera trap ini dilakukan setelah mendapatkan laporan kembali dari Wali Jorong Palembayan Tangah, Khairul Amri bahwasanya ada sejumlah warga yang melihat makhluk misterius dibelakang rumahnya.

Makhluk dengan ciri-ciri berbulu lebat, lanjut Ade, berdiri dengan dua kaki dan berbau menyengat itu terlihat oleh Syofian warga setempat. Pihak BKSDA sebelumnya sudah menduga bahwa makhluk misterius dengan ciri-ciri tersebut adalah beruang madu.

Baca Juga:  Antisipasi Potensi Bencana, BPBD Bentuk Pengurus KBLK Aur Kuning

“Hal ini disimpulkan berdasarkan hasil identifikasi dilapangan yang menemukan jejak dan cakaran identik dengan beruang madu,” ujarnya.

Namun informasi yang berkembang dimasyarakat menyebutkan bahwa makhluk misterius itu adalah makhluk gaib. Sehingga hal ini menimbulkan kehebohan dan keresahan warga setempat.

“Untuk menjawab keresahan warga itu, pada Sabtu (5/6) lalu, kita memasang camera trap (kamera jebak) sebanyak 3 unit. Tujuannya adalah guna mendapatkan gambaran visual dari makhluk yang telah menghebohkan warga setempat beberapa waktu terakhir,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Ade, pada Selasa (8/6) petugas BKSDA melakukan pengecekan terhadap kamera trap yang dipasang. Dari 3 kamera yang dipasang, kamera 1 yang berada di Jorong Pasa Palembayan berhasil menangkap gambar visual satwa yang melintas berjenis beruang madu.

Baca Juga:  Covid-19 “ Meletus Lagi “ di Agam, Jumat Ini Tambah 42 Kasus Baru

“Dengan adanya hasil gambaran visual ini, kita berharap masyarakat tidak kembali resah dan khawatir terhadap isu-isu yang berkembang dimasyarakat tentang makhluk itu,” jelasnya.

Mengingat satwa tersebut merupakan beruang madu yang berada di pemukiman warga dan telah muncul beberapa kali, pihak BKSDA berencana akan melakukan evakuasi menggunakan alat perangkap.

“Direncanakan Rabu besok kita akan mengevakuasi satwa beruang madu yang menghebohkan warga itu menggunakan perangkap,” katanya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top