Kaba DPRD Agam

Warga Agam Kehilangan Tokoh Panutan-Ketum LKAAM Y.A Dt Maleka Nan Tinggi Berpulang

Palupuah, kaba12.com — Kabupaten Agam kembali berduka,menyusul berpulangnya Yul Arnis Dt.Maleka Nan Tinggi, ketua LKAAM Agam di RSAM Bukittinggi, Senin,(7/6) sekitar pukul 03.45 WIB.

Salah satu tokoh terbaik di daerah itu, Yul Arnis Dt Maleka Nan Tinggi berpulang kerahmatullah, Senin (7/6) dini hari.

Kabar duka itu, sontak membuat banyak kalangan berduka, pasalnya sosok Y.A.Dt.Maleka Nan Tinggi, dikenal sebagai tokoh ninik mamak yang disegani, tidak hanya di kabupaten Agam, bahkan di Sumatera Barat, karena aktif di berbagai lembaga, bahkan menjadi salah satu tokoh penting dalam mendorong optimalnya kegiatan adat dan agama di daerah ini.

Baca Juga:  Silturrahmi Adalah Kunci Kebersamaan

Informasi yang diperoleh kaba12.com dari Khasman Zaini, Kabag. Protokol-Komunikasi Pimpinan Sekab.Agam, Ketua Umum LKAAM Agam periode 2017-2022 itu, dalam perawatan di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi sejak tanggal 30 Mei 2021 lalu, dan menghembuskan napas terakhirnya Senin dini hari tadi.

Dijelaskan, saat ini jenazah almarhum Y.A.Dt.Maleka nan Tinggi, disemanyamkan di rumah duka di pondok ABS-SBK Palupuah dan akan dimakamkan di pandam pakuburan kaum di Alang Laweh, Jorong Batang Palupuah, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah siang ini.

Baca Juga:  Bapemperda DPRD Agam Kunjungi Kementerian Hukum dan HAM Sumbar

Kabar duka itu, membuat banyak pihak mengaku terkejut, termasuk Bupati Agam, Dr. H. Andriwarman melalui Khasman Zaini, yang mengaku sangat berduka atas berpulangnya ketua LKAAM Agam itu.

Disebutkan Andri Warman, sosok Y.A.Dt.Malako Nan Putiah, dikenal sebagai sosok yang sangat peduli dengan perkembangan adat Minangkabau dan agama Islam di Kabupaten Agam, bahkan Sumatera Barat.

Bupati Agam itu, mendo’akan, almarhum meninggal dalam keadaan husnul khatimah dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

Ungkapan duka juga disampaikan M.Ater Dt. Manambun, tokoh ninik mamak nagari Lubukbasung, yang juga anggota DPRD Agam, yang mengaku terkejut dengan kabar duka tersebut.

Baca Juga:  Banjir Melanda Wilayah Agam, Normalisasi Sungai Mendesak

Dimata M.Ater Dt. Manambun, sosok Y.A.Dt.Malako Nan Tinggi, dikenal sebagai sosok yang gigih, bahkan peduli dengan persoalan daerah, terutama masa depan generasimuda, ” kami banyak belajar dari beliau, semoga beliau diberi tempat terbaik disisi Allah SWT,” ungkap M.Ater Dt.Manambun yang baru, Kamis pekan lalu dikukuhkan sebagai PAW DPRD Agam itu.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top