Kaba Terkini

Stok Melimpah, Harga Cabai Rawit di Agam Anjlok

Maninjau, kaba12.com — Harga sejumlah bahan bahan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Agam mengalami penurunan pasca lebaran Idul Fitri 1442 H kemarin.

Salah satunya adalah harga cabai rawit hijau yang turun secara drastis.

Saat ini harga lado kutu itu dijual pedagang berkisar Rp 12 ribu per kilogram. Padahal harga sebelumnya berkisar Rp 30 ribu per kilogram.

Menurut salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Nuraini (53), harga cabai rawit hijau itu mulai mengalami penurunan secara bertahap sejak bulan Ramadhan lalu. Ia juga menyebut, turunnya harga disebabkan oleh banyaknya stok di tingkat petani.

Baca Juga:  Tahun 2020, Agam Surplus Beras 120.000 Ton

“Cabai rawit sekarang harganya anjlok. Sebelum puasa saya menjual berkisar Rp 30 ribu per kilogram. Tapi setelah lebaran ini, harganya turun drastis menjadi Rp 12 per kilogram,” ujar Nuraini kepada kaba12.com, Jum’at (28/5).

Baca Juga:  Ketua KPPS di Agam Meninggal

Ia menambahkan, stok cabai rawit itu didapat dari petani lokal atau masih berada di daerah Kabupaten Agam. Namun karena melimpahnya pasokan, menyebabkan harga menjadi turun.

“Untuk harga cabai rawit dibawah Rp 20 ribu, terjadi semenjak sepekan pasca lebaran Idul Fitri,” sebutnya.

Disamping itu, ia juga mengakui bahwa anjloknya harga cabai rawit hijau saat ini tidak hanya terjadi di daerah Kabupaten Agam saja. Melainkan di sejumlah pasar tradisional di Pasaman Barat juga mengalami penurunan serupa.

Baca Juga:  Yusril : Polemik Hak Angket Harus Ada Putusan Pengadilan

“Di Simpang Ampek (Pasaman Barat) harganya jauh lebih anjlok lagi. Bahkan dijual pedagang hanya Rp 10 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Ia berharap, harga jual cabai rawit ini segera stabil, sehingga mampu meningkatkan perekonomian para petani dan pedagang.

“Harapannya, semoga harga cabai rawit ini kembali normal seperti harga sebelum anjlok,” katanya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top