Kaba Agam

Polsek Tanjung Raya Gelar Razia Masker di Pasar Tradisional

Bayur, kaba12.com — Jajaran personil Kepolisian sektor (Polsek) Tanjung Raya mengadakan razia masker di kawasan pasar tradisional untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Razia tersebut dilaksanakan di Pasar Bayur, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Jum’at (28/5).

Dalam operasi tersebut, aparat kepolisian bersama pengurus pasar menyisir kawasan pasar guna mengawasi dan mendisiplinkan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan. Aparat juga memberikan teguran lisan kepada sejumlah pedagang dan pengunjung pasar yang kedapatan tidak memakai masker.

Menurut Kapolsek Tanjung Raya AKP Yudi Partanto, razia masker ini merupakan bagian dari operasi yustisi dalam rangka menegakkan aturan protokol kesehatan terhadap masyarakat yang beraktivitas di luar rumah terutama di tempat-tempat keramaian.

Baca Juga:  Ny.Vita Indra Catri Ikuti Munas Dekranas Secara Virtual

Ia menilai, kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan terutama memakai masker terbilang sudah cukup meningkat. Namun pihaknya menyayangkan karena masih ditemukan beberapa warga yang lalai dalam pemakaian masker, seperti meletakkannya di dagu saja.

“Kita juga melihat beberapa warga yang hanya memakai masker saat ada petugas saja. Ketika kita keluar pasar, mereka kembali lalai memakainya. Nah, ini yang perlu kita awasi secara terus-menerus agar masyarakat itu betul-betul konsisten menerapkan protokol kesehatan,” kata Kapolsek kepada kaba12.com.

Baca Juga:  Bupati Agam Minta Hentikan Pungutan di Sekolah

Ia menambahkan, bagi pedagang dan pengunjung pasar yang ditemukan tidak memakai masker, personil kepolisian langsung memberikan teguran lisan, kemudian datanya dimasukkan ke dalam aplikasi Sipelada.

Kedepan, jajaran Polsek Tanjung Raya akan terus melaksanakan pengawasan dan pendisiplinan protokol kesehatan terhadap masyarakat di tempat keramaian. Apalagi kondisi daerah Kabupaten Agam saat ini berstatus zona merah penyebaran Covid-19, sehingga segala aturan protokol kesehatan harus ditaati dengan konsisten.

“Saat ini Agam berstatus zona merah Covid-19. Untuk itu, kami tidak akan ada henti-hentinya mengingatkan secara terus-menerus kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19,” tegasnya.

Baca Juga:  Penumpang Nge-Vape di Pesawat, Batik Air Perketat Pemeriksaan

Sementara itu, Wakapolsek Tanjung Raya Iptu Akhiruddin berharap, agar kesadaran masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan bisa lebih meningkat, serta memahami kondisi perkembangan kasus Covid-19 saat ini yang sudah memiliki varian virus baru.

“Jadi, kita tidak menginginkan masyarakat kita seperti di daerah lain yang terpapar Covid-19 dan diisolasi satu RT. Namun yang kita inginkan adalah masyarakat tetap aman dari penularan Covid-19 dengan cara menjaga protokol kesehatan itu, seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top