Kaba Terkini

Warga Lubukbasung Serahkan 2 Ekor Kukang ke BKSDA Agam

Lubukbasung, kaba12.com — Seorang warga Jorong V Sungai Jariang, Nagari Lubukbasung, Kecamatan Lubukbasung, Kabupaten Agam menyerahkan dua ekor satwa kukang ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam, Jum’at (21/5).

Kepala BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan, satwa dilindungi itu diserahkan oleh Doni Afriandi (45) ke petugas BKSDA, setelah berhasil menyelematkan 2 ekor kukang di tiang listrik pada Kamis (20/5) kemarin. Karena khawatir satwa tersebut akan tersentrum arus listrik, ia langsung membawa kukang itu ke rumah untuk dirawat.

”Sesampai di rumah, anak dari Doni Ariandi memberitahu kepadanya bahwa binatang itu adalah kukang (Nycticebus Coucang) dan merupakan binatang yang dilindungi undang-undang,” kata Ade.

Baca Juga:  Enam Unit APILL Di Jalan Provinsi Dan Nasional Rusak

Menanggapi satwa tersebut dilindungi oleh undang-undang, Doni Afriandi kemudian melaporkannya ke petugas BKSDA Resor Agam, Jum’at.

“Setelah mendapat laporan dari Doni Afriandi, petugas BKSDA Resor Agam langsung mendatangi lokasi, selanjutnya mengevakuasi satwa langka dan dilindungi itu dengan memindahkan ke kandang yang sudah disiapkan. Satwa tersebut kemudian dibawa ke kantor Resor KSDA Agam di Lubukbasung untuk diobservasi,” ujarnya.

Menurut Ade, dari hasil observasi diketahui kedua satwa itu berkelamin jantan dan berusia kurang lebih 3 tahun, dalam kondisi sehat dan masih sangat agresif.

Baca Juga:  “ Seringai Duka ”

Pihak BKSDA juga sangat mengapresiasi kepedulian warga tersebut dalam menyelamatkan satwa langka. Apalagi kukang adalah satwa liar dilindungi oleh undang-undang no 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya.

Direncanakan satwa kukang yang diserahkan itu akan dilepasliarkan ke alam bersamaan dengan satwa kukang yang menjadi barang bukti kasus perdagangan satwa beberapa waktu lalu yang saat ini dirawat oleh BKSDA.

Sehari sebelumnya, Resor KSDA Agam bersama Penyidik Polres Agam telah menyerahkan pelaku HJ (45) bersama barang bukti perdagangan dua ekor satwa kukang kepada jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Agam setelah berkas perkara dinyatakan lengkap atau P21.

Baca Juga:  Voli Putri Bukittinggi melaju ke Perempat Final

Tersangka HJ (45) yang merupakan warga Kabupaten Pasaman ditangkap dan diamankan oleh tim gabungan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat dan Satreskrim Polres Agam di Pasar Bawan Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Rabu (24/03) lalu sekitar pukul 15.30 WIB ketika membawa dan akan memperniagakan satwa kukang.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top