Kaba Terkini

Gempa Getarkan Lubukbasung, Rahman : Tetap Tenang dan Waspada

Lubukbasung, kaba12.com — Serangkaian getaran gempa yang mengguncang wilayah Utara Sumatera Barat, khususnya di wilayah Bukittinggi, Lubukbasung, Padang Panjang, Payakumbuh dan daerah sekitarnya membuat masyarakat mulai cemas.

Bahkan, Jumat,(21/5) malam ini, getaran gempa terasa 2 kali “mahoyak” wilayah Lubukbasung, yang membuat sebagian warga mulai was-was, menyusul trauma gempa 1998, 2005 dan serangkaian bencana dampak gempa yang memicu kerusakan serius di berbagai daerah.

Seperti halnya gempa pertama berkekuatan 4 pada skala richter yang berpusat di 11 km Barat Laut Kota Bukittinggi di kedalaman 10 km yang getarannya cukup kuat dirasakan di wilayah Matur, Tanjung Raya, Lubukbasung dan beberapa wilayah kabupaten Agam lainnya.

Baca Juga:  Hadang HKBN 2018, BPBD Agam Bersiap Optimal

Sementara gempa kedua, berkekuatan 2 pada skala richter terjadi sekitar pukul 22:33:11 WIB, yang berlokasi 6 km Timur Laut Lubukbasung di kedalaman 5 km, “ getaran gempa terasa cukup kuat, “ ungkap Ermon, Ridwan dan beberapa warga Lubukbasung kepada kaba12.com.

Baca Juga:  Bupati Buka Puasa Bersama Para " Pejuang" Kebanggaan

Mengutip siaran siara pers yang disampaikan kepala stasiun geofisika Padang Panjang Irwan Slamet, ST,MSi, terkait gempa yang terjadi di wilayah Bukittinggi menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, serta tidak terpengaruh terhadap isu-isu yang tidak bertanggung -jawab, dan meminta masyarakat untuk percaya pada satu sumber resmi terkait kegempaan yakni BMKG.

Sementara dari jajaran Pemkab.Agam sendiri, seperti disampaikan Rahman,S,Ip, juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, serta tidak terpengaruh oleh isu-isu dan informasi yang tidak jelas sumbernya terkait masalah gempa yang terjadi di wilayah Lubukbasung.

Baca Juga:  Banggar dan TAPD Sepakati Anggaran Pasar serta Tolak Pihak ke Tiga

“ Kita berharap tidak ada hal-hal yang luar biasa, dan kami himbau masyarakat untuk tetap tenang dan selalu waspada, “ ungkap Rahman.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, dampak getaran gempa yang terjadi di kedalaman 5 km di Lubukbasung, sempat membuat masyarakat terkejut, bahkan banyak keluar rumah untuk memastikan kondisi aman.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top