Kaba Terkini

Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis Besok Warga Tetap Gelar Shalat IED di Berbagai Lokasi

Lubukbasung, kaba12.com — Terkait dengan sudah dikeluarkannya surat edaran (SE) Gubernur Sumbar yang ditindaklanjuti dengan SE Bupati Agam tentang kegiatan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, baik himbauan shalat hari raya di rumah saja, larangan kegiatan open house, acara reuni dan jenis kegiatan lain yang berpotensi mengimpun banyak orang, masih akan dilaksanakan warga di beberapa tempat.

Masyarakat yang sudah merencanakan beberapa kegiatan sejak lama, baik penyelenggaraan shalat hari raya Idul Fitri di lapangan dan mesjid-mesjid, tetap akan akan dilaksanakan, namun dengan penerapan protokol kesehatan esktra.

Informasi yang diperoleh kaba12.com, terkait dengan pelaksanaan shalat Idul Fitri, di beberapa wilayah disebutkan masih tetap akan dilaksanakan masyarakat. Beberapa lokasi yang tetap menggelar shalat hari raya Idul Fitri, diantaranya di Talago, SImpang IV, Simpang III Lubukbasung, Garagahan, Banda Baru, dan beberapa lokasi lain.

Baca Juga:  Pemuda Malalak Kreatif Buat Handycraf Batok Kelapa Yang Unik

Tokoh masyarakat dan pengurus mesjid yang akan menggelar shalat Idul Fitri dan kegiatan lain selama rangkaian hari raya itu, sudah melaporkan hal itu pada unsur terkait di pemerintah, termasuk penerapan protokol kesehatan ekstra selama pelaksanaan ibadah tersebut.

Kondisi itu, diamini Rino Syamna Putra, walijorong IV Surabayo, yang mendapat informasi dari warga tentang kegiatan shalat Idul Fitri di beberapa lokasi di wilayahnya, “ kita akan pantau khusus dan jika tetap dilaksanakan, kami berharap diberlakukan penerapan protokol kesehatan ketat, “ sebutnya.

Baca Juga:  672.863 Wisatawan Kunjungi Agam Selama 2017

Dijelaskan, pihaknya bersama pemerintah nagari Lubukbasung yang sudah menyebarkan dan mensosialisasikan SE Bupati Agam itu, mendapat laporan rencana warga untuk shalat Idul Fitri.

Diharapkan Rino Syamna Putra, sesuai sasaran SE Bupati Agam itu, pemerintah berupaya menekan potensi penyebaran covid-19, dan memutus rantai penyebaran virus corona, dengan menghindari kerumunan, sehingga tidak membangun klaster baru di kabupaten Agam.

“ Kita berharap, SE Bupati Agam itu ditaati warga, sebagai upaya memutus rantai penyebaran covid-19, kalaupun tetap dilaksanakan, diharapkan betul-betul diterapkan protokol kesehatan. Kita bersama jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Nagari Lubukbasung akan memantau khusus, “ sebut Rino Syamna Putra lagi.

Baca Juga:  Damkar Agam Edukasi Murid TK Percontohan Fatimah Bukareh

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, selain kegiatan shalat Idul Fitri di ruang public, termasuk di mesjid-mesjid, beberapa kegiatan yang berpotensi mengundang kerumunan, juga tetap akan dilaksanakan warga, termasuk beberapa lokasi objek wisata, karena hingga Selasa kemarin, tidak ada pelarangan khusus di berbagai objek wisata, seperti halnya saat pemberlakuan SIKM beberapa waktu lalu.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top