Kaba Agam

Jelang Lebaran, Perantau Paninjauan Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

Paninjauan, kaba12.com — Perantau Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, yang tergabung dalam organisasi Ikatan Keluarga Nagari Paninjauan (IKNP) memberikan santunan kepada 52 orang anak yatim berstatus pelajar/mahasiswa dan 67 fakir miskin yang ada di Nagari itu, Senin (10/5).

Proses penyerahan santunan kepada kaum dhuafa tersebut dilaksanakan di Masjid Raya Nagari Paninjauan. Turut hadir dalam kesempatan itu, Walinagari Paninjauan Tomi Candra Putra, Sekretaris Nagari Dedi Andri, Wali Jorong, Ketua Bamus, pengurus IKNP pusat, dan pengurus masjid.

Masing-masing anak yatim se- Nagari Paninjauan mendapat santunan sebesar Rp 500 ribu per orang. Sedangkan fakir miskin mendapat sebesar Rp 300 ribu per orang.

Baca Juga:  Virus Corona Masih Mengintai, New Normal-Warga Diminta Waspada

Sekretaris Umum IKNP, Edison Katik Basa mengatakan, pemberian santunan menjelang lebaran Idul Fitri kepada kaum dhuafa merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat di kampung halaman terutama para kalangan anak yatim dan fakir miskin.

“Alhamdulillah, tahun 2021 ini merupakan yang ketiga kalinya IKNP memberikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin yang ada di kampung halaman. Kita berharap program sosial IKNP seperti ini bisa terus dipertahankan untuk kedepannya,” kata Edison kepada kaba12.com.

Ia menyebutkan, dana santunan yang diberikan berasal dari kalangan masyarakat di kampung halaman dan para perantau se- Nusantara. Dana tersebut dihimpun di sebuah rekening IKNP, selanjutnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Camat Palupuah Ajak Warga Goro Bersihkan Lingkungan

“Selain memberikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin, kita (IKNP) juga menyalurkan bantuan ke masing-masing masjid yang ada di Nagari Paninjauan,” ujarnya.

Ia berharap, agar masyarakat yang ada di kampung halaman dan di perantauan tetap menjaga solidaritas kebersamaan dalam rangka mewujudkan hubungan yang harmonis.

“Kepada anak yatim dan fakir miskin yang mendapat santunan, mudah-mudahan bisa disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Serta tetap semangat menghadapi kehidupan. Semoga berkah,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jelang Lebaran, Omset Pangkas Rambut Naik

Sementara itu, Walinagari Paninjauan Tomi Candra Putra mengapresiasi organisasi IKNP yang tetap solid memberikan santunan kepada kaum dhuafa di setiap tahunnya. Ia menyebut, bahwa dana yang dikumpulkan untuk santunan merupakan berkat kerjasama masyarakat di kampung dan di perantauan.

“Atas nama Pemerintah Nagari Paninjauan kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan perantau yang telah menyantuni kaum duafa menjelang lebaran Idul Fitri. Mudah-mudahan kebaikan ini dapat bermanfaat bagi penerimanya dan diberkahi oleh Allah SWT, Aminn,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top