Kaba Terkini

Veteran Perang Berusia 110 Tahun Berpulang, Jahan Dimakamkan Secara Militer

Tiku, kaba12.com — Masyarakat kabupaten Agam kembali berduka menyusul berpulangnya Jahan, seorang anggota Legiun Veteran dan anggota Angkatan 1945 Indonesia, meninggal dunia Sabtu,(1/5) lama di Sungai Nibuang, Nagari Tiku Selatan, kecamatan Tanjung Mutiara.

Duka mendalam membalut warga Sungai Nibuang, karena sosok Jahan, yang dikenal sebagai salah seorang pejuang, veteran perang angkatan 1945 yang sehari-hari bergaul dan beraktivitas dengan masyarakat.

Bahkan, dengan usia 110 tahun, Jahan dikenal sebagai seorang anggota Legiun Veteran dan anggota Angkatan 1945 tertua di Indonesia, yang meninggal dengan tenang di kediamannya di Sungai Nibuang, Minggu, Sabtu,(1/5) sekitar pukul 19.00 WIB, usai berbuka puasa.

Baca Juga:  Warga Diminta Waspada, Ruas Jalan Banyak Berbahaya

Prosesi penguburan Jahan, yang merupakan anggota Legiun Veteran itu dimakamkan secara milter yang dipimpin Danramil Tanjung Mutiara Kapten Inf.Nuryetrizal, mewakili Dandim 0304/Agam bersama para personil TNI, aparatur pemerintah nagari dan tokoh masyarakat setempat.

Prosesi pemakaman Jahan yang berlangsung secara militer itu, dijelaskan Weri Ikhwan, pj.Wali Nagari Tiku Selatan, sosok Inyiak Jahan, yang dikenal sebagai salah seorang tokoh pejuang kemerdekaan di kabupaten Agam, khususnya di Tiku, meninggal dunia Sabtu malam, dan sesuai perintah unsur pimpinan TNI, prosesi pemakaman dilakukan secara milter di pandam pakuburan keluarga di Sungai Nibuang, yang dipimpin Dandim 0304 Agam, diwalili Danramil Tanjung Mutiara.

Baca Juga:  Terima Penghargaan Indonesia Visionary Leader 2020, Indra Catri : Ini Untuk Masyarakat Agam

“ Alhamdulillah, prosesi pemakaman berlangsung lancar, seluruh personil pendukung pemakaman menjalankan tugas masing-masing dengan baik, “ ungkap Weri Ikhwan.

Inyiak Jahan sendiri, sebut Weri Ikhwan, dikenal sebagai salah seorang tokoh sepuh di kabupaten Agam yang jasa dan pengabdiannya terhadap negara saat perjuangan merebut kemedekaan RI sangat dihargai, “ kami kehilangan beliau, beliau tokoh panutan yang banyak memberi nasehat dan masukan untuk kemajuan daerah ini, “ ungkap Weri Ikhwan.

Baca Juga:  Dinas Perhubungan Agam Sosialisasi Keselamatan Berlalu Lintas

Informasi yang diperoleh kaba12.com, Inyiak Jahan sendiri, merupakan tokoh pejuang kemerdekaan RI tertua di Indonesia, yang meninggal dunia Sabtu malam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top