Kaba Terkini

Pemkab.Agam Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Ramadhan 1442 Hijriah

Lubukbasung, kaba12.com — Pemerintah Kabupaten Agam melalui Kantor Kementerian Agama, tetapkan besaran konversi zakat fitrah pada Ramadan 1442 hijriah, mulai Rp25.000 hingga Rp32.500 per jiwa. Besaran itu setara dengan harga dan jenis beras, dengan kewajiban setiap orang dalam mengeluarkan zakat fitrah seberat 2,5 kilogram beras.

Penetapan besar zakat fitrah itu, disepakati dalam rapat konversi zakat fitrah bersama Pemerintah Kabupaten Agam dan Baznas Agam, di Kantor BAZNas Agam, Selasa (27/4) kemarin yang langsung disebarluaskan ke berbagai unsur masyarakat.

Baca Juga:  Forum OPD Pemkab.Agam, “ Sinkronisasi-Evaluasi Program Prioritas Utama “

Seperti dijelaskan Kakan-Kemenag Agam, Edy Oktafiandi dan H.Eldi Zein, ketua BAZNas Agam yang menjelaskan, penentuan besaran zakat fitrah merujuk kepada harga beras di pasaran, dan sesuai dengan data yang dihimpun OPD terkait di Pemkab.Agam.

Dijelaskan Edy Oktafiandi, ada beberapa jenis beras yang dikonversikan seperti, kuriak kusuik Rp13.000 per kg, jika disetarakan 2,5 kilogram beras harganya jadi Rp32,500. Jenis beras sokan Rp12.000 disetarakan 2,5 kg beras jadi Rp30.000. kemudian benang pulau Rp11.000 per kg, disetarakan 2,5 kg beras jadi Rp27.500, kemudian beras Dolog Rp10.000 disetarakan 2,5 kg beras jadi Rp25.000.

Baca Juga:  Infrastruktur Dominasi Usulan Musrenbang Kecamatan MKS

“Meski beberapa jenis beras yang dikonversikan, tapi kita juga akan memberikan panduan kepada masyarakat, bahwa yang akan dizakatkan itu adalah jenis beras yang dimakannya dan disesuaikan dengan harga pasaran,” katanya seperti dikutip amcnews.com.

ditambahkan, harga beras di pasaran bisa saja mengalami perubahan, tapi hal itu diyakini tidak akan menyusahkan masyarakat, hanya tinggal menyesuaikan harga beras dengan kewajiban zakat yang dikeluarkan.

Baca Juga:  Masa Jabatan Berakhir- Ramlan Nurmatias : Terima Kasih Warga Bukittinggi

Selain penetapan besar zakat fitrah, Pemkab.Agam juga menetapkan ketentuan konversi fidyah(denda puasa), sebesar Rp25.000 setiap harinya, “ kita akan sosialisasikan hasil keputusan itu pada masyarakat, dengan harapan, seluruh masyarakat bisa memahami dan menerapkan, sesuai ketentuan agama Islam, “ ulas H.Eldi Zein, ketua BAZNas Agam.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top