Kaba Terkini

Peringati HKB 2021, UPT BNPB Sumatera Gelar Simulasi

Padang, kaba12.com — Dalam rangkaian peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2021 Nasional, UPT BNPB Regional Sumatera gelar simulasi penanganan dan antisipasi dampak bencana gempa di kompleks kantor UPT BNPB Regional Sumatera, Senin,(26/4).

Rangkaian simulasi penanganan dan antisipasi dampak gempa bumi itu melibatkan seluruh personil UPT BNPB di Padang, yang didukung scenario penanganan itu, dipimpin langsung kepala UPT BNPB Sumatera Bambang Warsito.

Menurut Bambang Warsito, kegiatan simulasi antisipasi dampak bencana yang secara nasional tersebut, dilakukan pihaknya untuk mendorong kesiapan seluruh personil BNPB dalam menekan dampak serta mengantisipasi dampak yang berpotensi dialami masyarakat jika musibah terjadi.

Baca Juga:  Isra Yonza Ditunjuk Jadi Plt Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan

Dalam simulasi yang digelar, pihaknya menskenariokan terjadi musibah gempa di kota Padang, dimana sebagai salah satu kompleks perkantoran yang berada di pusat kota Padang, kantor BNPB Regional Sumatera menjadi salah satu titik sentral kegiatan masyarakat.

Tim simulasi menskenariokan, mulai pukul 10.00 WIB, terjadi getaran gempa ditandai dengan bunyi sirine bahaya gempa dan tsunamil. Saat bersamaan para personil tengah mengadakan pertemuan di lantai II, dan saat guncangan gempa menguat, seluruh tim yang ditunjuk bergerak membantu mengevaluasi warga, dan personil lain sesuai dengan SOP yang sudah diterapkan, dalam upaya menekan dampak bencana dan berkumpul di halaman depan kompleks kantor BNPB Regional Sumatera tersebut.

Baca Juga:  Kasus DBD Meningkat, Dinkes Agam Himbau Warga Jaga Lingkungan

“ Kita mengasah ketajaman naluri sekaligus reaksi cepat seluruh personil dalam penanganan dampak bencana. Hal itu penting dalam upaya menekan risiko bencana terhadap masyarakat, “sebut Bambang Warsito.

Dilain pihak, peringatan HKB 2021 secara nasional itu, digelar serentak di Indonesia, dimana tim BNPB Regional Sumatera di Padang sejak beberapa hari terakhir sudah mensosialisasikan pada seluruh daerah untuk menggelar berbagai kegiatan, termasuk simulasi penanganan dan antisipasi dampak bencana.

Baca Juga:  Representasi Nagari Madani, Tarahan Hiduik Buya Hamka Ditampilkan Dihari Kemerdekaan

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top