Kaba Terkini

Kasus Positif Covid-19 Melonjak, Nagari di Agam Siapkan Rumah ISOMAN

Lubukbasung, kaba12.com — Menyikapi lonjakan kasus terkonfirmasi baru covid-19 di kabupaten Agam beberapa waktu belakangan, jajaran Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam sejak awal sudah mendorong seluruh nagari untuk bersiap dan mengaktifkan kembali posko Satgas Penanganan Covid-19 Nagari se kabupaten Agam.

Bahkan, untuk mendorong kesiapan nagari, DPMN Agam sudah menurunkan 4 tim ke lapangan untuk mematangkan kesiapan jajaran pemerintah nagari, tidak hanya memfollow-up berbagai kegiatan penanganan warga terdampak covid-19 seperti tahun sebelumnya, juga mempersiapkan rumah-rumah yang akan dijadikan tempat isolasi mandiri tingkat nagari.

Hal itu ditegaskan H.Teddy Martha, Kepala DPMN Agam, walau menjalani isolasi mandiri karena terpapar covid-19, di ISO RSUD Lubukbasung, masih melakukan koordinasi dengan jajaran pemerintah nagari dan personilnya untuk mematangkan kesiapan pemerintah nagari dalam mengantisipasi dampak lonjakan kasus terkonfirmasi covid-19 di kabupaten Agam dua pekan terakhir.

Baca Juga:  Matangkan Pemahaman, DPRD Agam Kunker OPD Sumbar

Teddy Martha yang sengaja menyampaikan relis kepada kaba12.com, sehubungan dengan lonjakan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Agam akhir-akhir ini, menjelaskan DPMN Agam sudah meminta kepada seluruh Wali Nagari untuk menyiapkan Rumah Isolasi Mandiri untuk warga yang terkonfirmasi positif tanpa gejala, sehubungan dengan penuhnya Ruangan Isolasi di RSUD Lubukbasung.

“Kita meminta kepada Wali Nagari dan Satgas Covid-19 Nagari untuk terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat serta segera mempersiapkan Rumah Isolasi Mandiri bagi warganya, langkah antisipasi ini mesti dilakukan secara terukur dan tetap berkoordinasi dengan Puskesmas atau petugas kesehatan di Wilayah masing-masing serta selalu melaporkan situasi terkini kepada Forkopimca masing-masing, “ sebut Teddy Martha.

Baca Juga:  Ombudsman RI Anugerahi Tanah Datar Atas Kepatuhan Tinggi Pelayanan

Ditambahkan, pihaknya sudah melakukan monitoring dan penguatan kepada Nagari melalui tim khusus DPMN bersama Tenaga Ahli P3MD dan akan terus dilakukan kepada semua Nagari, agar terdapat persamaan persepsi menyikapi kondisi lonjakan kasus saat ini, semoga sinergitas ini mampu menekan kasus positif covid-19 di Kabupaten Agam.

Ditambahkan Teddy Martha, saat ini Posko Satgas Covid-19 Nagari diharapkan kembali mendata kegiatan masyarakat, terutama para perantau yang sudah pulang ke kampung, “ arahkan para perantau untuk melakukan test swab dan isolasi mandiri selama 14 hari. Sehingga dimasa libur lebaran ini tidak memunculkan cluster baru penularan Covid-19 di Kabupaten Agam, “ harapnya.

Baca Juga:  Armiati Rustam Bantu SMAN 1 Palembayan 20 Unit Komputer

Disisi lain, kepala DPMN Agam itu menegaskan, untuk operasional Satgas Covid-19 Nagari di kabupaten Agam, termasuk operasional rumah isolasi mandiri, sebagai salah satu solusi mengatasi keterbatasan ruang ISO RSUD Lubukbasung, dana sudah memiliki alokasi anggaran yang diharapkan bisa dimanfaatkan untuk pendukung kegiatan tersebut.

“Kami berharap, seluruh pihak bergerak, termasuk unsur terkait lain, untuk memberi dorongan pada pemerintah nagari dalam operasional Satgas Penanganan Covid-19 Nagari serta rencana penyediaan rumah isolasi tersebut, “ ulas Teddy Martha lagi.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top