Kaba Terkini

Meningkat, 64 Siswa MAN 1 Agam Lulus Jalur SPAN PTKIN 2021

Maninjau, kaba12.com — Sebanyak 64 orang siswa di sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Agam, dinyatakan lulus masuk perguruan tinggi melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) tahun 2021.

Siswa yang dinyatakan lulus itu diterima di berbagai perguruan tinggi Islam Negeri di Sumatera Barat maupun di luar Sumatera Barat.

Hasil kelulusan siswa kelas XII MAN 1 Agam yang diterima di berbagai perguruan tinggi Islam itu, diumumkan melalui laman resmi atau website span-ptkin.ac.id pada Senin (12/4) lalu.

Kepala MAN 1 Agam Azizul Hayati menjelaskan, kelulusan siswa yang diterima di perguruan tinggi Islam Negeri tahun ini mengalami peningkatan dibanding dengan tahun sebelumnya. Ia menyebut, dari total 98 orang siswa kelas XII, setidaknya ada 64 siswa yang dinyatakan lulus melalui jalur undangan SPAN PTKIN tahun 2021

Ia menambahkan, ke- 64 siswa itu diterima di empat perguruan tinggi Islam Negeri di Indonesia. Dengan rinciannya adalah 1 orang di UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 1 orang di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 8 orang di IAIN Batusangkar, 29 orang di IAIN Bukittinggi, dan 25 orang di UIN Imam Bonjol Padang.

Baca Juga:  Antisipasi Hujan Shalat ID, Pemkab Agam Siapkan Lokasi Alternatif

“Alhamdulillah, kelulusan siswa yang diterima di perguruan tinggi tahun ini meningkat daripada tahun sebelumnya. Hal itu dikarenakan jumlah tamatan siswa pada tahun 2020 lalu sedikit, dibandingkan dengan tahun sekarang,” ujar Azizul Hayati saat dikonfirmasi kaba12.com, Senin (19/4).

Lebih lanjut disebutkan, pada tahun lalu ada sebanyak 14 orang siswa yang lulus ke perguruan tinggi melalui jalur SPAN PTKIN, dan 2 orang lulus melalui jalur SNMPTN. Sedangkan tahun sekarang terdapat 64 siswa yang lulus jalur SPAN PTKIN dan 2 orang di jalur SNMPTN.

“Artinya, total siswa kita yang diterima di perguruan tinggi pada tahun 2021 melalui jalur undangan ada sebanyak 66 orang,” katanya.

Sementara bagi siswa yang tidak lulus melalui jalur SPAN PTKIN diharapkan untuk berlomba-lomba mengikuti ujian seleksi di jalur mandiri dan jalur berikutnya. Sebab pihaknya sangat mendukung keinginan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tanpa campur tangan pihak sekolah dalam memilih kampus atau universitas.

Baca Juga:  Jelang Pemilu 2019, Kapasitas SDM Caleg Perempuan Di Agam Dilatih

“Walaupun jalur yang banyak dipilih oleh siswa dominannya adalah perguruan tinggi Islam daripada perguruan tinggi umum, bagi kita hal ini tidak menjadi masalah. Yang penting mereka mau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
strata satu (S1), bahkan kalau bisa berlanjut ke S2 dan S3,” ungkapnya.

Kedepan, pihaknya menargetkan seluruh siswa yang mengikuti pendaftaran di jalur perguruan tinggi melalui SPAN PTKIN bisa lulus semuanya atau lebih banyak dari tahun ini. Karena saat ini tidak seluruhnya tamatan yang menyambung ke perguruan tinggi, dengan alasan ingin langsung bekerja.

Namun pihaknya mengharapkan kepada tamatan yang akan bekerja untuk dapat menyambung pendidikan di tahun berikutnya. Karena menurutnya, bekerja dengan status tamatan MAN akan berbeda kualitasnya dibanding dengan tamatan perguruan tinggi.

Baca Juga:  Bupati Agam Lantik 7 Pj. Nagari Persiapan di Tilatang Kamang Besok

“Oleh karena itu, kita berharap tahun depan setiap siswa yang ingin lanjut kuliah bisa lulus semuanya, terutama melalui jalur undangan seperti SNMPTN dan SPAN PTKIN,” harapnya.

Atas keberhasilan 64 siswa yang diterima di berbagai perguruan tinggi Islam melalui jalur SPAN PTKIN ini diharapkan dapat memotivasi adik-adik atau siswa kelas X dan XI, bahwasanya tamatan MAN itu bisa diterima dimana saja. Termasuk hal ini juga diharapkan menjadi motivasi bagi siswa yang ingin melanjutkan sekolah ke MAN 1 Agam.

“Disamping itu, kepada siswa yang nantinya sudah berada di bangku perkuliahan diminta untuk selalu menjalankan ibadah, menjaga nama baik sekolah, keluarga, rajin belajar, dan serius dalam berkuliah. Karena dalam kuliah itu bukan ijazah saja yang diharapkan, tetapi juga dibarengi dengan nilai yang tinggi agar bisa berkompetisi untuk masuk ke dunia kerja,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top