Kaba Terkini

Sambut Ramadhan-Tradisi “Mambantai” Tetap Jalan, Harga Daging Rp.130.000 per Kg

Lubukbasung, kaba12.com — Sambut bulan suci Ramadhan 1442 hijriah, tradisi “mambantai jawi” masih tetap berjalan di beberapa wilayah masih tetap berjalan, walau kondisi ekonomi warga masih banyak terdampak covid19.

Bahkan, beberapa kelompok masyarakat sejak Minggu kemarin menggelar tradisi pemotongan sapi yang dihimpun bersama dan dibagikan untuk masyarakat,namun mayoritas kelompok masyarakat saat ini, tidak melakukan prosesi pemotongan sapi untuk dikonsumsi selama bulan suci Ramadhan, karena masih kesulitan bidang ekonomi, namun di beberapa tempat, hal ini masih berlanjut.

Baca Juga:  448 ASN Agam Terima SK Kenaikan Pangkat

Sementara, informasi yang diperoleh kaba12.com, harga daging sapi segar , mulai naik, dari sebelumnya Rp.120.000 per kg, memasuki bulan suci Ramadhan ini, naik Rp.130.000 per kg.

Seeperti halnya dilakukan warga Sungai Batang, kecamatan Tanjung Raya Minggu kemarin yang sengaja memotong sapi yang dagingnya dibagi bersama per kelompok. Prosesi pemotongan dan penjualan daging untuk kebutuhan Ramadhan juga ramai dilakukan warga di kompleks Pasar Tiku, kecamatan Tanjung Mutiara.

Baca Juga:  Kelompok PKH Canduang Panen

Menurut Pak Etek St.Rajo Ameh, prosesi pemotongan hewan,untuk kebutuhan konsumsi puasa Ramadhan, menjadi tradisi warga menjelang puasa di wilayah Tanjung Raya. Diakuinya, volume warga yang memotong sapi tahun ini rendah, “mungkin karena kondisi ekonomi,”sebutnya.

Sementara informasi yang diperoleh kaba12.com, penjualan daging di beberapa pasar di wilayah Barat kabupaten Agam, terpantau cukup tinggi, terutama di Pasar Tiku, Pasar Balai Salasa, Pasar Lama Lubukbasung dan beberapa titik tempat penjualan daging yang sengaja dibuka pengusaha daging di Lubukbasung.

Baca Juga:  Hujan Lebat, Ruas Jalan Bukik Malintang Putus

Menurut Yunaldi, pengusaha daging di Lubukbasung, walau volumenya agak menurun, namun permintaan warga akan daging masih tinggi, “ saat ini harga jual daging segar Rp.130.000 per kg, kami menyesuaikan kondisi pasar, apalagi saat ini di mayoritas daerah, harga beli sapi mulai tinggi, “ sebutnya.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top