Kaba Terkini

BST Kemensos Tahap III & IV Cair, Warga Nagari Koto Malintang Terima Rp 600 Ribu per KPM

Maninjau, kaba12.com — Sejumlah masyarakat Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, mulai menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap ketiga dan keempat di tahun 2021 dari Kementerian Sosial RI. Penyaluran bansos dua tahap sekaligus itu, dilakukan di kantor Pos Indonesia cabang Maninjau, Senin (12/4).

Petugas Kantor Pos Indonesia cabang Maninjau, Dona Afrizal menyebutkan, untuk wilayah Nagari Koto Malintang terdapat sebanyak 103 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapat bansos dari pemerintah pusat.

Baca Juga:  Jurusan Otomotif SMKN 2 Makin Eksis

Ia menambahkan, penyaluran BST Kemensos ini dicairkan dua tahap sekaligus, yakni sebesar Rp 600 ribu per KPM.

“Bansos ini merupakan untuk periode bulan Maret dan April 2021 yang diberikan oleh pemerintah. Tiap bulannya masing-masing KPM berhak mendapat bansos senilai Rp 300 ribu. Makanya, untuk pembagian kali ini dicairkan sebesar Rp 600 ribu per KPM, karena disalurkan dua tahap sekaligus,” ujar Dona kepada kaba12.com, Senin.

Baca Juga:  Fraksi PAN Pertanyakan Radio SAM FM Masih Relevan

Dona mengatakan, syarat pencairan bansos senilai Rp 600 ribu ini, sama dengan tahap-tahap sebelumnya. Namun bagi penerimanya yang berhalangan hadir, boleh diwakilkan oleh anggota keluarga lain dengan syarat membawa surat kuasa, KTP asli, KK asli, dan surat panggilan atau undangan menerima bansos.

“Informasinya BST ini merupakan tahap terakhir di tahun 2021 yang disalurkan kepada KPM. Oleh karena itu, persyaratan yang harus dibawa penerima atau yang mewakili saat pencairan harus benar-benar valid, sesuai dengan aturan yang ada,” katanya.

Baca Juga:  Laboratorium Standar Asia Milik DLH Agam Siap Beroperasi Tahun Ini

Sementara itu, salah seorang penerima BST, Anizar (76) merasa bersyukur dan berterimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan berupa uang tunai. Ia mengaku, bantuan tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Alhamdulillah. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami terutama untuk menambah perekonomian keluarga. Mudah-mudahan berkah,” ungkapnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top