Kaba Terkini

Sambut Ramadhan 1442 H, Warga Pasar Raba’a Goro Bersihkan Masjid Nurul Huda

Pasar Raba’a, kaba12.com — Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1442 Hijiriah, sejumlah masyarakat Jorong Pasar Raba’a, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, menggelar gotong royong pembersihan lingkungan masjid Nurul Huda, Minggu (11/4).

Gotong royong rutin yang dilaksanakan ini melibatkan sejumlah unsur yakni Walinagari, Wali Jorong, pengurus masjid, pemuda, dan tokoh masyarakat.

Ketua Pengurus Masjid Nurul Huda Pasar Raba’a, Sah Lubis mengatakan, pelaksanaan gotong royong di lingkungan masjid merupakan salah satu wujud nyata dalam menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini.

Baca Juga:  50% Migran Indonesia Korban TPPO

Ia menyebut, terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam gotong royong, yakni pembersihan kawasan masjid, pengecatan, pemasangan spanduk menyambut Ramadhan, dan lainnya.

“Gotong royong pembersihan masjid ini mesti dilakukan, agar segala pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan bisa terasa lebih aman dan nyaman terutama bagi para jama’ah yang datang ke masjid,” kata Sah Lubis kepada kaba12.com, Minggu.

Menurutnya, kegiatan gotong royong sekaligus bertujuan untuk menjaga hubungan silaturahmi antar sesama. Sebab silaturahmi merupakan salah satu amalan umat muslim untuk menyambung tali persaudaraan.

Baca Juga:  Tenaga Honorer Diberi Pembekalan

“Disamping itu, menjelang datangnya bulan suci Ramadhan yang tinggal dua hari lagi, sudah semestinya kita sebagai umat muslim untuk saling bermaaf-maafan. Karena hal ini merupakan salah satu tradisi bagi sebagian besar umat muslim, agar mendapatkan pahala lebih dalam pelaksanaan ibadah puasa,” jelasnya.

Sebelumnya, Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, segala rangkaian persiapan dalam menyambut datangnya bulan penuh berkah itu mesti dilakukan agar pelaksanaan ibadah puasa nanti bisa berjalan lebih nyaman.

Baca Juga:  BMKG Prediksi Tiga Hari Kedepan Sumbar Masih Diguyur Hujan

Handria menyebutkan, beberapa rangakaian persiapan yang harus dilakukan adalah melaksanakan thaharah masjid, bersih-bersih lingkungan, berziarah ke makam keluarga, meningkatkan keimanan, dan saling bermaafan.

“Mari kita sambut bersama -sama bulan suci Ramadhan tahun ini dengan penuh kemuliaan, kegembiraan, keberkahan, dan keikhlasan hati, supaya pelaksanaan ibadah puasa kita bisa berjalan maksimal serta diberkahi Allah SWT,” ujarnya, Jum’at (09/4) kemarin.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top