Kaba Terkini

Sambut Ramadhan 1442 H, Camat Tanjung Raya Minta Warga Maksimalkan Persiapan

Maninjau, kaba12.com — Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1442 Hijiriah yang tinggal beberapa hari lagi, seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam diminta untuk terus memaksimalkan rangkaian segala persiapan.

Camat Tanjung Raya Handria Asmi mengatakan, rangkaian persiapan dalam menyambut datangnya bulan penuh berkah itu mesti dilakukan agar pelaksanaan ibadah puasa nanti diberkahi Allah SWT. Ia menyebut, beberapa rangakaian persiapan yang harus dilakukan adalah melaksanakan thaharah masjid, bersih-bersih lingkungan, meningkatkan keimanan, dan saling bermaafan.

Baca Juga:  Pasar Aur Bukittinggi Tumpah Ruah, Gamis Seprai Laris Manis

“Mari kita sambut bersama-sama bulan suci Ramadhan tahun ini dengan penuh kemuliaan, kegembiraan, keberkahan, dan keikhlasan hati, supaya pelaksanaan ibadah puasa kita bisa berjalan maksimal serta diberkahi Allah SWT,” ujar Handria Asmi kepada kaba12.com, Jum’at (09/4).

Camat menambahkan, khusus untuk pelaksanaan thaharah masjid, masyarakat bersama pengurus diminta untuk melakukan berbagai persiapan, termasuk melaksanakan gotong royong pembersihan lingkungan masjid. Disamping itu, pengecekan seluruh sarana dan prasarana masjid juga mesti harus dilakukan. Seperti pengecekan saluran air, kelistrikan, penerangan, pengeras suara atau sound sistem, dan sarana pendukung lainnya.

Baca Juga:  Pasca Terbakar, Donasi Untuk Ponpes MTI Kapau Terhimpun Rp. 372.786.056

Disamping itu, pihaknya juga menghimbau kepada seluruh Walinagari beserta perangkatnya untuk mempersiapkan tim safari Ramadhan tingkat Nagari. Sebab wilayah Kecamatan Tanjung Raya nantinya bakal dikunjungi oleh tim safari tingkat Kabupaten hingga Provinsi.

Lebih lanjut disebutkan, seluruh masyarakat termasuk unsur Nagari, Lembaga, dan Forkopimca diminta untuk melakukan langkah antisipasi dari potensi rawan kejahatan serta konflik sosial jika dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Mengingat bulan Ramadhan tahun ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, dia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dimana saja berada, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Baca Juga:  KK Miskin Meningkat di MKS

Ia mengharapkan, seluruh hal-hal kecil untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan juga mesti diperhatikan. Diantaranya adalah melakukan ziarah ke makam keluarga, serta bersilaturahmi dengan sanak saudara dan handai taulan lainnya.

“Maka dari itu mari kita bersihkan hati, sucikan diri untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang penuh berkah. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa 1442 Hijiriah,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top