Kaba Terkini

BAZNas Agam Apresiasi UPZ Nagari, Dorong Potensi ZIS Untuk Masyarakat

Lubukbasung, kaba12.com — Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Agam apresiasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Nagari yang didasari oleh tingginya aspirasi dari berbagai nagari di kabupaten Agam.

UPZ Nagari diyakini, akan mampu mendorong optimalnya pengumpulan zakat, infak dan sadakah dari para muzaki dari berbagai elemen yang ada, sehingga bisa membantu masyarakat sesuai program penyaluran zakat yang sudah dilaksanakan BAZNas Agam.

Hal itu disebutkan H.Eldi Zein, ketua BAZNAs Agam, dalam rangkaian acara pembentukan UPZ Nagari Lubukbasung di aula kantor Nagari Lubukbasung, Jumat,(9/4).

Baca Juga:  MTQN Agam ke-38 Digelar Hari Ini

Disebutkan Eldi Zein, ide pembentukan UPZ Nagari berawal dari pertemuan BAZNas Agam dengan para walinagari se kabupaten Agam yang dilakukan dengan pelatihan UPZ yang digelar beberapa waktu lalu, dimana banyak permintaan dari pemerintah nagari dan tokoh masyarakat, agar dibentuk UPZ khusus ditingkat nagari, sehingga pihaknya langsung menjajaki pembentukan tersebut, bahkan sebagian naagri di kabupaten Agam sudah merealisasikannya.

Dijelaskan Eldi Zein, pembentukan UPZ sudah diatur dalam UU No. 23 tahun 2011, PP No.14 tahun 2014 dan Inpres No.3 tahun 2014,sebagai penegasan kepada pemerintahan, BUMN, BUMD, tentang berzakat melalui BAZNAS dan PERBAZNAS Nomor 2 tahun 2016.

Baca Juga:  Sambut Etape 4 TdS 2018 Pemkab Agam Gelar Jumpa Pers

Sementara di kabupaten Agam, regulasi untuk memperkuat jabaran ketentuan dari pemerintah pusta itu, tengah diracang Ranperda tentang zakat atas inisiatif DPRD Agam, “ kita berharap, ranperda itu bisa segera dibahas dan dirampung, sehingga bisa menjadi acuan dalam operasional BAZNas Agam,”ulasnya.

Ketua BAZNas Agam itu menambahkan, keberadaan UPZ sangat dibutuhkan, sebagai perpanjangan tangan BAZNas dalam pengumpulan ZIS, baik ditingkat nagari, dan masjid yang diberi kewenangan untuk mendistribusikan zakat kepada mustahik.

Baca Juga:  Permintaan Terakhir Chairul Huda Sebelum Meninggal Dunia

H.Eldi Zein optimis, UPZ Nagari Lubukbasung akan bisa memaksimalkan upaya pengumpulkan ZIS dari berbagai elemen masyarakat, bahkan BAZNas Agam memberi dukungan penuh, tidak hanya dalam pembinaan, pengolelolaan dan distribusi ZIS untuk mustahik, “ kita dukung penuh, karena hal ini sepenuhnya untuk membantu masyarakat yang membutuhkan, “tegasnya.

Pembentukan UPZ Nagari Lubukbasung itu mendapat apresiasi dari ketua BAMUS Lubuikbasung N.Dt.Asa Labiah, dan ketua KAN Lubukbasung N.E.Dt.Simarajo, yang berharap, pengurus UPZ Lubukbasung bisa segera dikukuhkan dan segera beraktivitas.

HARMEN

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top