Kaba Agam

Pasca Tertimpa Pohon Tumbang, Puskesmas Pasar Ahad Kekurangan Ambulance

Duo Koto, kaba12.com — Pasca pohon tumbang yang menimpa dua unit mobil ambulance dan sebagian bangunan Puskesmas Pasar Ahad, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, hingga kini masih belum bisa diatasi secara maksimal. Pasalnya, kondisi mobil ambulance yang mengalami ringsek dan areal ruang tunggu pelayanan rusak berat, membuat pelayanan kesehatan sedikit terganggu.

Kepala Puskesmas Pasar Ahad, Azra Nofrizal mengatakan, kondisi ini terjadi setelah angin kencang disertai hujan deras melanda wilayah Kecamatan Tanjung Raya pada Minggu (04/4) dinihari lalu. Akibatnya pohon besar yang berada di sekitar komplek Puskesmas mengalami tumbang dan menimpa dua unit mobil ambulance yang tengah terparkir serta sebagian bangunan Puskesmas.

“Kerusakan yang terjadi akibat bencana tersebut adalah dua unit mobil ambulance mengalami rusak, satu diantaranya rusak parah. Kemudian pada atap gonjong utama Puskesmas mengalami rusak ringan, dan satu areal garasi (parkir-red) ambulance yang juga digunakan untuk ruang tunggu pelayanan pengunjung rusak berat,” kata Kepala Puskesmas Pasar Ahad kepada kaba12.com, Rabu (07/3).

Ia menambahkan, kondisi satu unit mobil ambulance yang mengalami rusak berat membuat Puskesmas Pasar Ahad saat ini kekurangan armada. Sehingga untuk merujuk pasien ke rumah sakit, pihaknya harus menambah armada dengan unit pinjaman dari Puskesmas Maninjau.

“Saat ini hanya satu mobil ambulance Puskesmas Pasar Ahad yang bisa digunakan untuk keperluan operasional. Sementara untuk tambahannya, saat ini kita masih meminjam armada milik Puskesmas Maninjau. Kita berharap Pemkab Agam segera menindaklanjuti kondisi ini, agar pelayanan kesehatan bisa terlaksana secara maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk ruang tunggu pelayanan sekarang ini sudah dipindahkan ke halaman Puskesmas menggunakan tenda milik Pemkab Agam sebagai wujud penanganan darurat. Disamping itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Agam untuk tindak lanjut dari kondisi yang dialami Puskesmas Pasar Ahad.

“Dari hasil koordinasi kita bersama Dinas Kesehatan, mereka akan segera membantu pengadaan 1 unit ambulance di Puskesmas Pasar Ahad, dan memperbaiki bangunan yang rusak,” ungkapnya.

Azra Nofrizal menuturkan, total kerugian yang dialami Puskesmas Pasar Ahad akibat seluruh kerusakan berkisar sekitar Rp 50 juta.

Dia menyebutkan, saat ini masih terdapat sejumlah pohon di sekitar komplek Puskesmas Pasar Ahad yang berpotensi tumbang jika dihantam angin kencang. Oleh karena itu, pihaknya berharap kepada Pemkab Agam melalui Dinas terkait untuk dapat menebang sejumlah pohon yang rawan tumbang itu. Karena hal ini dinilai akan mengancam jiwa keselamatan pengunjung ataupun masyarakat sekitar.

“Kita berharap kepada Dinas terkait untuk segera turun tangan dalam menangani hal ini. Karena langkah antisipasi ekstra mesti dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

To Top
// Infinite Scroll $('.infinite-content').infinitescroll({ navSelector: ".nav-links", nextSelector: ".nav-links a:first", itemSelector: ".infinite-post", loading: { msgText: "Loading more posts...", finishedMsg: "Sorry, no more posts" }, errorCallback: function(){ $(".inf-more-but").css("display", "none") } }); $(window).unbind('.infscr'); $(".inf-more-but").click(function(){ $('.infinite-content').infinitescroll('retrieve'); return false; }); $(window).load(function(){ if ($('.nav-links a').length) { $('.inf-more-but').css('display','inline-block'); } else { $('.inf-more-but').css('display','none'); } }); $(window).load(function() { // The slider being synced must be initialized first $('.post-gallery-bot').flexslider({ animation: "slide", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, itemWidth: 80, itemMargin: 10, asNavFor: '.post-gallery-top' }); $('.post-gallery-top').flexslider({ animation: "fade", controlNav: false, animationLoop: true, slideshow: false, prevText: "<", nextText: ">", sync: ".post-gallery-bot" }); }); });