Agam

Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Cabai Merah di Agam Stabil-Bawang Naik

Maninjau, kaba12.com — Harga sejumlah bahan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Agam dijual pedagang mulai bervariatif menjelang masuknya bulan Ramadhan 1442 H. Salah satunya adalah harga cabai merah keriting yang relatif stabil sejak beberapa pekan terakhir, dengan harga jual saat ini berkisar Rp 48 ribu per kilogram.

Sedangkan harga bawang merah saat ini mulai merangkak naik dengan harga Rp 30 ribu per kilogram. Sebelumnya hanya berkisar 20 ribu per kilogram.

Salah seorang pedagang bahan pokok di Pasar Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Erna Juwita (36) mengakui harga sejumlah bahan pokok sepekan menjelang Ramadhan dijual bervariasi. Beberapa diantaranya relatif stabil, dan mengalami kenaikan.

Baca Juga:  Bangun RSUD, Pemko Serah Terima Lapangan dengan Kontraktor

“Untuk harga bahan pokok yang stabil saat ini adalah cabai merah keriting berkisar Rp 48 ribu per kilogram. Sebelumnya sekitar 2 bulan lalu, sempat menyentuh angka Rp 60 ribu per kilogram,” kata Erna saat ditemui kaba12.com, Selasa (06/4).

Lebih lanjut disebutkan, harga cabai rawit hijau saat ini relatif rendah yaitu Rp 20 ribu per kilogram. Sebelumnya mengalami kenaikan cukup tinggi pada 2 bulan lalu, yaitu Rp 50 ribu per kilogram.

Baca Juga:  KPU Kota Bukittinggi Tetapkan 72.769 DPT Pemilu 2019

“Selanjutnya salah satu bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah bawang merah dengan harga jual saat ini Rp 30 ribu per kilogram. Kenaikan harga bawang disebabkan oleh pengaruh cuaca ekstrim yang melanda wilayah Agam beberapa pekan terakhir,” ujarnya.

Ia mengakui, kenaikan harga bawang ini sudah terjadi sejak sebulan yang lalu. Hal ini disebabkan karena permintaan yang cukup tinggi, sedangkan ketersediaan pasokan terbatas akibat banyaknya bawang yang membusuk.

Baca Juga:  Update Covid-19 Agam, Tambah 15 Kasus Baru- 251 Jalani Perawatan

“Sebelumnya harga bawang merah hanya Rp 20 ribu per kilogram. Sekarang naik menjadi Rp 30 ribu per kilogram,” sebut Erna.

Dia menambahkan, untuk harga cabai merah keriting diperkirakan akan mengalami kenaikan pada menjelang hari raya Idul Fitri atau akhir bulan Ramadhan nanti.

“Kenaikkan cabai diperkirakan akan terjadi menjelang hari raya idul Fitri. Sebab permintaan dari masyarakat pada saat itu akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi,” jelasnya.

(Bryan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

To Top